Sopian, Soleh (2019) Pengaruh Metode STAD dan Kuis Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VI SD Yakeswa Kota Bandung. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43866.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Peningkatan hasil belajar matematika memerlukan adanya penerapan metode pembelajaran yang tepat. Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode pembelajaran tipe STAD dan tipe Kuis terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VI SD Yakeswa Kota Bandung. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis (I) perbedaan hasil belajar Matematika sebelum dan setelah diterapkan metode STAD; (2) perbedaan basil belajar Matematika sebelum dan setelah diterapkan metode KUIS; (3) perbedaan basil belajar Matematika pada peserta didik kelas VI yang menerapkan metode STAD dan metode KUIS; dan (4) perbedaan hasil belajar Matematika pttiia peserta didik kelas VI yang menerapkan metode STAD dan metode KUIS, dilihat dari gender. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen, dengan quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah 80 siswa Kelas VI yang mengikuti mata pelajaran matematika pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Untuk kepentingan penelitian, semua populasi dijadikan sampel, sehingga dapat dikatakan bahwa penlitian ini adalah penelititm sensus (semua populasi dijadikan sampel). Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran dengan metode STAD dan metode KUIS, hasil belajar peserta didik terbukti meningkat secara signifikan. Hal ini dimungkinkan karena metode ini dapat merangsang siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran sehingga pemahaman atas materi pembelajaran dapat meningkat. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan setelah diterapkan metode STAD. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin efektif penerapan metode tersebut, semakin tinggi hsil belajar matematika peserta didik; (2) terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan setelah diterapkan metode KUIS. Temuan ini menunjukkan hahwa semakin efektif penerapan metode tersebut, semakin tinggi hasil belajar matematika peserta didik; (3) terdapat perbedaan signifikan antara capaian hasil belajar peserta didik kelas VI pada mata pelajaran Matematika yang mengikuti metode STAD dan metode KUIS; (4) Terdapat perbedaan antara hasil belajar Matematika peserta didik yang mengikuti metode STAD dan metode KUIS, dilihat dari gender. Dalam hal ini siswa laki-laki cenderung memiliki capaian rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan siswa perempuan pada pretes dan pastes metode STAD, namun pada metode KUIS tidak terdapat perbedaan nilai pastes pada metode KUIS.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43866.pdf |
Uncontrolled Keywords: | STAD method, Quiz method. mathematics learning outcomes metode STAD, metode Kuis, basil belajar matematika |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 22 Oct 2019 03:38 |
Last Modified: | 05 Nov 2019 09:07 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8731 |
Actions (login required)
View Item |