Kemampuan Berpikir Generalisasi Kombinatoria Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Pola Pewarnaan Pengubinan dan Peningkatannya Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah

Anwarudin, Muhammad (2019) Kemampuan Berpikir Generalisasi Kombinatoria Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Pola Pewarnaan Pengubinan dan Peningkatannya Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43816.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB) | Preview
Official URL: http://repository.ut.ac.id

Abstract

Kemampuan berpikir generalisasi kombinatorial dalam pengaturan obyek/pola merupakan hal penting dalam mendukung penguasaan konsep matematika, trutama dalam penyelesaian masalah pola pewarnaan pengubinan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan berpikir generalisasi kombinatorial siswa, dilanjutkan peningkatannya melalui pembelajaran berbasis masalah serta menyajikannya dalam bentuk potret fase. Penelitian ini menggunakan model penelitian campuran dengan desain Sekuensial Explanatori yang menggabungkan penelitian kuantitatif dan kualitatif secara bemmtan. Subyek penelitian adalah 23 siswa kelas 4 SDN I Banyuglugur sebagai kelas kontrol dan 23 siswa kelas 4 SDN 2 Banyuglugur sebagai kelas eksperirnen. Ragam kemampuan berpikir generalisasi kombinatorial siswa terbagi atas tingkatan Jemah, sedang, dan kuat. Uji t independent sample menunjukkan pengamh signifikan penerapan pembelajaran berbasis masalah pada kelas eksperirnen (0,030<0,05). N-Gain (2,465>1) menunjukkan efektivitas penerapan pembelajaran berbasis masalah. Kemampuan berpikir generalisasi kombinatorial siswa pada tingkatan lemah dari 15 siswa (65,22%) tumn menjadi 3 siswa (13,04%). Pada tingkatan sedang dari 6 siswa (26,09%) naik menjadi 8 siswa (34,78%). Sedangkan pada tingkatan kuat dari 2 siswa (8,70%) naik menjadi 12 siswa (52,17%). Selanjutnya, pola-pola kemampuan berpikir generalisasi kombinatorial siswa disajikan dalam bentuk potret fase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir generalisasi kombinatorial siswa dalam menyelesaikan permasalahan pola pewarnaan pengubinan pada jenjang sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43816.pdf
Uncontrolled Keywords: combinatorial generalization, problem based learning, tessellation coloring pattern, thinking skills generalisasi kombinatorial, kemampuan berpikir, pembelajaran berbasis masalah, pola pewarnaan pengubinan.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 01 Nov 2019 06:58
Last Modified: 13 Nov 2019 06:22
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8774

Actions (login required)

View Item View Item