Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Karyati, Iis (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43778.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview
Official URL: http://repository.ut.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas 6 pada pembelajaran matematika. Rendahnya hasil belajar matematika siswa terlihat dari nilai yang diperoleh siswa masih di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan dari penelitian ini yaitu a. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terbadap hasil belajar siswa kelas VI sekolah dasar; b. Untuk mengetahui motivasi belajar terhadap basil belajar matematika siswa kelas VI sekolah dasar; c. Untuk mengetahui keterkaitan antara model pembelajaran Make A Match dengan motivasi belajar terhadap basil belajar matematika siswa kelas VI sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VI SDN 210 Babakan Sinyar Kota Bandung, dengan sampel Kelas VI Adan VIC SDN 210 Babakan Sinyar. Instrumen yang digunakan adalah instrumen soal dan angket. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan motivasi belajar dan kelas kontrol diberi pembelajaran biasa. Data hasil penelitian berupa nilai pretes dan postes siswa yang diberikan pada kelas ekperimen dan kelas kontrol. Hasil data pretes dan postes dianalisis menggunakan uji normalitas kemudian dilakukan uji persamaan dua rata-rata nonparametrik mann-whitney, serta uji Korelasi Rank Spearman. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 0,5% yaitu: (I) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI sekolah dasar; (2) ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI sekolah dasar; (3) tidak ada keterkaitan antara model pembelajaran make a match dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43778.pdf
Uncontrolled Keywords: Cooperative Leaming Model Type Make A Match, Leaming Motivation, Leaming Outcomes Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Motivasi belajar, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 12 Nov 2019 06:53
Last Modified: 13 Nov 2019 04:37
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8794

Actions (login required)

View Item View Item