Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Tingkat Kreativitas (Studi Eksperimen di Salah Satu SD di Kabupaten Cianjur)

Juariah, (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Tingkat Kreativitas (Studi Eksperimen di Salah Satu SD di Kabupaten Cianjur). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43793.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kurangnya motivasi belajar siswa dalam proses belajar mengajar disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya yaitu: pembelajaran yang monoton dan membosankan bagi siswa, dan kurangnya kreativitas belajar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut,maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping dan Siswa terhadap Motivasi Belajar ditinjau dari Tingkat Kreativitas Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Cianjur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan menggunakan dua kelas sampel, yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar di Kabupaten Cianjur yang tersebar di 32 kecamatan. Jumlah sampel yang ditetapkan dalam penelitiaa ini yaitu siswa sebanyak 58 siswa kelas IV (empat) yang merupakan sampel acak (random sampling) yang tersebar di SON Bunikasih 4. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes untuk variabel tingkat kreativitas siswa dan angket untuk variabel motivasi belajar. Prosedur pengumpulan data primer dilakukan dengan cara penyebaran tes dan angket kepada 58 siswa. Hasil analisis statistik diperoleh (I) Terdapat perbedaan antara motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dengan dengan motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) Terdapat perbedaan antara motivasi belajar menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dibandingkan dengan motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional ditinjau berdasarkan tingkat kreativitas tinggi, (3) Terdapat perbedaan antara motivasi belajar menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dibandingkan dengan motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional ditinjau berdasarkan tingkat kreativitas rendah, 4) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan tingkat kreativitas siswa terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43793.pdf
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping. Students' Creativity, Leaming Motivation, Kreativitas Siswa, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 06 Jan 2020 03:12
Last Modified: 06 Jan 2020 03:12
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8818

Actions (login required)

View Item View Item