Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Terhadap Ecoliteracy Siswa (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas Vl SDN 247 Sukapura Kota Bandung, Jawa Barat)

Andriyanti, Windy (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Terhadap Ecoliteracy Siswa (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas Vl SDN 247 Sukapura Kota Bandung, Jawa Barat). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43888.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kepedulian siswa terhadap lingkungan sekolah dan sekitarnya, padahal dalam proses pembelajaran di sekolah siswa telah belajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh model pembelajaran PBL pada pembelajaran tematik terhadap ecolitreracy siswa serta mengkaji dan menganalisis seberapa besar pengaruh ecoliteracy siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL dengan yang menggunakan model pembelajaran Discovery Leaming. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif Quasi Eksperimen dengan desain Control Group Pretest dan Posttest Design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 68 orang siswa kelas VI SDN 247 Sukapura Kota Bandung. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2017 bertempat di SDN 247 Sukapura Kota Bandung. Instrumen yang dipergunakan dalam penelitian berupa tes prestasi sebelum dan sesudah pembelajaran (pretes dan pastes). Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah statistics deskriptif dan statistics inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dalam pembelajaran tematik tidak berpengaruh signifikan terhadap ecoliteracy siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya nilai signifikansi uji -t adalah 0,395. artinya tidak terdapat perbedaan rata-rata kemampuan akhir {posies) siswa antara kelompok yang menerapkan menerapkan model pembelajaran PBL dan kelompok yang menerapkan model pembelajaran DL. Berdasarkan peningkatan kompetensi ecoliteracy sebelum dan sesudah pembelajaran didapatkan hasil 0, 43, hal ini berarti bahwa klasifikasi ecoliteracy yang didapat menggambarkan adanya pengaruh antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran DL. Simpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran PBL pada pembelajaran tematik terhadap ecoliteracy siswa serta tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap ecoliteracy siswa pada siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran tematik model pembelajaran PBL dengan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran DL. Rekamendasi dari penelitian ini adalah pada model pembelajaran PBL untuk meningkatkan ecoliteracy siswa, perlu diperhatikan beberapa aspek, seperti media dan sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan proses belajar dan mengajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43888.pdf
Uncontrolled Keywords: ecoliteracy, PBL learning model, thematic learning, model pembelajaran PBL, pembelajaran tematik
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:32
Last Modified: 09 Jan 2020 04:32
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8834

Actions (login required)

View Item View Item