Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Mengembangkan Kreativitas Guru Dan Efektivitas Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah Dasar (Studi Kasus di SD Negeri Serdang 1 Kramatwatu)

Nuraeni, Yeni (2019) Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Mengembangkan Kreativitas Guru Dan Efektivitas Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah Dasar (Studi Kasus di SD Negeri Serdang 1 Kramatwatu). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43889.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan satu alat yang dapat dimanfaatkan sebagai perantara untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Media pembelajaran sudah banyak dimiliki oleh SD Negeri Serdang I baik yang berasal dari pemerintah maupun diperoleh secara mandiri. Namun, kenyataannya banyak media yang dimiliki sekolah belum dimanfaatkan oleh guru karena ketidakmampuan dan ketidaktahuan guru mengenai media. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana dan mengapa keadaan ini terjadi di SD Negeri Serdang I dengan rumusan masalah: Bagaimana pemanfaatan media pembelajaran jenis audio, visual, audio-visual dan multimedia di SD Negeri Serdang I ?Bagaimana efektivitas kegiatan pembelajaran dengan pemanfaatan media di SD Negeri Serdang I? Dan bagaimana kapasitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran jenis audio, visual, audio-visual dan multimedia di SD Negeri Serdang I? Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, menganalisis, dan mengevaluasi pemanfaatan media pembelajaran jenis audio, visual, audio-visual dan multimedia di SD Negeri Serdang I. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif jenis studi kasus dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh adalah bahwa pemanfaatan media pembelajaran jenis audio dilakukan dalam bentuk mendengarkan suara bahasa asing, visual dalam bentuk buku teks, gambar, chrat, dan media realita, audio-visual dalam bentuk film documenter, dan multimedia dalam bentuk integrasi teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran Pemanfaatan media paling banyak digunakan oleh guru SD Negeri Serdang 1 adalah media visual sebanyak 83%. Dengan media visual, pemahaman peserta didik hanya dapat mengoptimalkan alat indera penglihatan saja sehingga guru masih memerlukan tenaga untuk menjelaskan gambar atau bacaan yang terdapat dalam buku teks agar tidak terjadi salah penafrisan. Kapasitas guru dilakukan melalui peningkatan pengetahuan guru tentang macam-macam media, pemilihan media yang tepat, dan bagaimana cara menggunakannya. Artinya, media hanyalah sekadar alat jika tidak diimbangi dengan komitmen guru sebagai pengemban tugas menciptakan pembelajaran yang efektif maka keberadaan media hanyalah sekadar pajangan yang mengisi ruang-ruang di sekolah. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pemanfaatan media pembelajaran di SD Negeri Serdang 1 belum optimal dan perlu dilakukan peningkatan kapasitas guru tentang pentingnya media dalam pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43889.pdf
Uncontrolled Keywords: learning media, effectiveness of learning activity, capacity of teacher, media pembelajaran, efektivitas kegiatan pembelajaran, kapasitas guru
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 09 Jan 2020 06:39
Last Modified: 09 Jan 2020 06:39
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8835

Actions (login required)

View Item View Item