Kuncoro, Sri (2018) Hubungan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Menyimak Dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar Se-Gugus Kartini Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2017/2018. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43868.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (I) Tujuan umum: tujuan penelitian ini secara umum untuk mengetahui infonnasi tentang motivasi belajar, kemampuan menyimak, dan keterampilan menulis;(2) Tujuan khusus: secara khusus penelitian ini bertujuan untuk: (a) mengetahui ada tidaknya hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dan keterampilan menulis: (b) mengetahui ada tidaknya hubungan positif dan signifikan antara kemampuan menyimak dan keterampilan rnenulis: dan (c) rnengetahui ada tidaknya hubungan positif dan signifikan rnotivasi belajar dan kemarnpuan menyirnak secara bersama-sarna dengan keterampilan rnenulis.Bentuk penelitian 1n1 adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Gugus Kartini. Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik korelasional yang berguna untuk memecahkan masalah. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar se-Gugus Kartini berjumlah 126 siswa dengan sampel 63 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu data motivasi belajar dikurnpulkan dengan teknik nontes yang berbentuk angket. data kemampuan menyimak dikumpulkan dengan teknik tes dan data keterarnpilan menulis dikumpulkan dengan teknik tes. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis yang telah diajukan perlu di lakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji keberartian dan linearitas regresi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan keterampilan menulis dilihat dari hasil analisis korelasi memperoleh nilai r x1y, > rtabel (0,690 > 0.244) diterima pada taraf signifikansi 5%. (2) Ada hubungan positif dan signifikan antara kemampuan menyimak dengan keterampilan menulis dilihat dari hasil analisis korelasi rnemperoleh nilai rx2y > rtabel yaitu 0,763 > 0,244 diterima pada taraf signifikansi 5%, (2) ada hubungan positif dan signitikan motivasi belajar dan kemampuan menyimak secara bersama-sama dengan keterampilan menulis dilihat dari hasil analisis data memperoleh nilai korelasi ganda Fhitung > Ftabel yaitu 78.432 > 3.15 diterima pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan motivasi belajar dan kcmampuan menyimak dengan keterampilan menulis siswa sekolah dasar se-Gugus Kartini Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43868.pdf |
Uncontrolled Keywords: | motivation to learn, listening skills, and wrating skills,Motivasi belajar, kemampuan menyimak, dan keterampilan menulis. |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.623 Writing Skills for Elementary Education (Kemampuan Menulis untuk Pendidikan Dasar) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 14 Jan 2020 02:37 |
Last Modified: | 14 Jan 2020 02:37 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8838 |
Actions (login required)
View Item |