Idetiifikasi Upaya Guru SDN 2 Bugeman Kabupaten Situbondo Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa

Misnawati, (2018) Idetiifikasi Upaya Guru SDN 2 Bugeman Kabupaten Situbondo Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43813.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kesulitan dalam proses belajar yang dihadapi oleh seseorang anak berasal dari dalam diri anak (intern) yang disebabkan oleh pertumbuhan dan perkembangannya dan dapat pula datang dari luar dirinya (ekstern). Kesulitan belajar yang dialami siswa salah satunya dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang digunakan. Kesulitan belajar juga dialami oleh siswa SDN 2 Bugeman Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo. Berdasarkan pcngamatan dan keluhan dari guru kelas, kesulitan belajar yang dialami siswa di sekolah ini meliputi kesulitan belajar yang berhubungan dengan perkembangan (sulit berkomunikasi,penalaran dan kemampuan untuk memecahkan masalah) dan akademik (membaca, mcnulis, pemahaman terhadap aritmatika dan matematika. kurangnya daya tangkap terhadap pelajaran). Seorang guru harus dapat menempuh cara-cara atau strategi tertentu guna mengatasi kesulitan belajar pada anak didiknya. Penelitian ini mendeskripsikan strategi atau upaya guru SDN 2 Bugeman dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. beserta faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan upaya tersebut. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas 1 sampai 6 di SDN 2 Bugeman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, Obsenasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya guru SDN 2 Bugeman Situbondo dalam mengatasi kesulitan belajar siswa sangat bervariasi. Upaya yang dilakukan menyesuaikan dengan kesulitan yang dialami siswa. Upaya tersebut meliputi menggunakan metode pembelajaran yang menarik, menyenangkan, memotivasi siswa, memberikan bimbingan khusus, memvisualisasikan dan memberikan tugas. Faktor pendukung dalam upaya mengatasi kesulitan belajar siswa SDN 2 Bugeman yaitu guru, sarana dan fasilitas di sekolah, lingkungan (sekolah,keluarga dan masyarakat). Sedangkan faktor penghambatnya adalah siswa, orang tua. dan waktu sekolah. Penelitian ini hendaknya dijadikan sebagai bahan acuan atau tambahan referensi untuk para guru dalam menentukan cara atau strategi yang tepat dalam mengatasi kcsulitan belajar siswanya. Selain itu sekolah diharapkan akan terus berupaya meningkatkan dan mengembangkan metode yang digunakan guru untuk mengatasi kesulitan siswanya

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43813.pdf
Uncontrolled Keywords: Teacher Efforts, Supporting and Inhibiting Factors, Student Learning Difficulties, Upaya Guru, Faktor Pendukung dan Penghambat, Kesulitan Belajar Siswa
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:00
Last Modified: 14 Jan 2020 04:00
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8841

Actions (login required)

View Item View Item