Rusdi, (2018) Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Sudut Pandang Efikasi Diri Siswa. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43856.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasari dari Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa yang masih rendah. Rendahnya KPS siswa tersebut disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah kualitas guru serta perbedaan strategi atau metode dalam pembelajaran. Metode pembelajaran eksperimen (MPE) dirasa dapat menjadi solusi peningkatan KPS siswa. Dari has ii kajian penelitian, penerapan MPE membutuhkan kepercayaan diri siswa berupa efikasi diri (ED). Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan MPE dan ED terhadap KPS siswa Kelas V SD Negeri Se-Gugus V Batok Kecamatan Tenjo pada pembelajaran IPA konsep daur air. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain treatment by level. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang siswa kelas eksperimen menggunakan MPE dan 20 orang siswa kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran ceramah CMPC) yang diambil dengan tehnik multistage sampling. Data hasil tes KPS clan skala ED dianalisis dengan rnenggunakan uji two·way ANA VA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KPS siswa yang menggunakan MPE lebih baik dari MPC, terdapat pengaruh interaksi antara penerapan MPE dan ED terhadap KPS, dan KPS siswa yang memiliki tingkat ED tinggi lebih baik dari siswa dengan ED rendah. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran eksperimen terhadap keterampilan proses sains ditinjau dari sudut pandang efikasi diri siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43856.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Experimental Learning Method, Self-Efficacy, Science Process Skills, Metode Eksperimen, Efikasi Diri, Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.9598 Elementary Education in Indonesia (Pendidikan Dasar di Indonesia) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 12:21 |
Last Modified: | 29 Jan 2020 12:21 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8872 |
Actions (login required)
View Item |