Pengaruh Minat Membaca Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar (Survei Pada Siswa kelas V SDN di Wilayah Kecarnatan Bogor Barat Kota Bogor)

Mulyanah, Dede (2018) Pengaruh Minat Membaca Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar (Survei Pada Siswa kelas V SDN di Wilayah Kecarnatan Bogor Barat Kota Bogor). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43740.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis pengaruh minat membaca dan kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan menulis argurnentasi pada siswa Sekolah Dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah 354 orang siswa kelas V pada Sekolah Dasar Negeri di kecarnatan Bogor Barat. Data penelitian berupa tes,keterampilan menulis dan kemampuan berpikir kritis serta kuesioner untuk minat membaca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ( 1) rninat membaca berpengaruh langsung terhadap keterampilan menulis, (2) kemampuan berpikir kritis berpengaruh langsung terhadap keterampilan menulis, (3) minat membaca berpengaruh tidak Langsung melalui kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan menulis, (4)proposisi minat mernbaca dan kemampuan berpikir kritis berpengaruh terhadap keterampilan menulis dapat diterima, dan (5) Pengaruh construct yang paling besar berpengaruh terhadap keterarnpilan menulis adalah minat membaca.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43740.pdf
Uncontrolled Keywords: reading interest, critical thinking skills and writing skills, minat membaca, kemampuan berpikir kritis dan keterampilan menulis
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.623 Writing Skills for Elementary Education (Kemampuan Menulis untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 12 Feb 2020 09:32
Last Modified: 12 Feb 2020 09:32
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8882

Actions (login required)

View Item View Item