Pengaruh Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Ill SD Di Gugus IV Lumpang Parungpanjang - Bogor

Suselawati, Mulyati (2018) Pengaruh Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Ill SD Di Gugus IV Lumpang Parungpanjang - Bogor. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43819.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimental dengan tujuan: I) Menganalisis perbedaan basil belajar matematika antara siswa yang belajar menggunakan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, 2) Menganalisis interaksi antara pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika, 3) Menganalisis perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang belajar menggunakan pembelajaran RME dengan pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki kemandirian belajartinggi, dan 4) Menganalisis perbedaan basil belajar matematika antara siswa yang belajar menggunakan pembelajaran RME dengan pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah. Penelitian ini dilakukan pada kelas III SD se Gugus IV Lumpang Kecamatan Parungpajang Kabupaten Bogor dengan sampel 57 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar matematika yang menggunakan pembelajaran RME berbeda dengan hasil belajar matematika yang menggunakan pembelajaran konvensional, 2) T erjadinya interaksi antara pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap basil belajar matematika. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang belajar menggunkan pembelajaran RME dengan pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, dan 4) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang belajar menggunkan pembelajaran RME dengan pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43819.pdf
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematics Education (RME), learning independence, and learning outcomes of mathematics. kemandirian belajar, dan hasil belajar matematika.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 12 Feb 2020 09:59
Last Modified: 12 Feb 2020 09:59
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8883

Actions (login required)

View Item View Item