Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition), Gerakan Literasi Sekolah, Dan Fasilitas Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Cianjur

Mustariah, Jeni (2018) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition), Gerakan Literasi Sekolah, Dan Fasilitas Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Cianjur. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43790.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Guru harus memberikan stimulus untuk merangsang bakat dan minat siswa agar siswa lebih termotivasi dan tertarik dalam rnengikuti pembelajaran. Stimulus yang dapat dilakukan diantaranya penerapan model Cooperative learning tipe CIRC, Gerakan Literasi Sekolah dan Fasilitas Perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Model Cooperative learning tipe Cooperative Integrative Reading Composition, Gerakan Literasi Sekolah dan Fasilitas Perpustakaan. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan proses pendekatan kuantitatif asosiatif yang berupa analisis korelasi dan regresi sederhana dan regresi berganda. Penelitian ini dilakukan di SDN Kawunggading dan SON Cimanggu. Data yang dikumpulkan berupa kuesioner. Berdasarkan hasil analisis data maka (1) terdapat pengaruh Model Cooperative learning tipe CJRC terhadap Minat Baca siswa. Kontribusi model Cooperative learning tipe CIRC terhadap Minat Baca siswa sangat tinggi. (2) terdapat pengaruh Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca siswa, Kontribusi Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa sangat tinggi. (3) terdapat pengaruh Fasilitas Perpustakaan Sekolah terhadap Minat Baca siswa. Kontribusi Fasilitas Perpustakaan Sekolah rendah. ( 4) terdapat pengaruh Model Cooperative learning tipe CIRC, Gerakan Literasi Sekolah, dan Fasilitas Perpustakaan secara bersama-sama terhadap Minat Baca siswa, secara bersama-sama terhadap Minat Baca Siswa. Kontribusi model Cooperative learning tipe CIRC, Gerakan Literasi Sekolah, dan Fasilitas Perpustakaan secara bersama-sama terhadap Minat Baca siswa sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43790.pdf
Uncontrolled Keywords: cooperative learning type integrated cooperative reading composition,school literacy movement. library facilities, student reading interest, cooperatif learning tipe cooperative integrated reading composition, gerakan literasi sekolah, fasilitas perpustakaan, minat baca siswa.
Subjects: 000 Generalities > 020-029 Library and Information Science (Perpustakaan dan Ilmu Informasi) > 028.9 Reading Interest and Habits (Kebiasaan Membaca, Minat Baca)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 13 Feb 2020 03:33
Last Modified: 13 Feb 2020 03:33
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8884

Actions (login required)

View Item View Item