Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Efikasi Diri Dengan Kinerja.

Rosita, lros (2018) Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Efikasi Diri Dengan Kinerja. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43784.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Fenomena yang terjadi berdasarkan data dari Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, tentang Guru Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor, ternyata kinerja guru SD masih rendah. Hal tersebut ditunjukan dari rata-rata basil penilaian kinerja guru SD di Kecamatan Dramaga oleh Pemerintah Kabupaten Bogor bekerjasama dengan Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Tahun 2016 menunjukkan bahwa kinerja guru SD di Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor relatif rendah yaitu rata-rata sebesar 41,72%. Apabila masalah ini tidak mendapat perhatian dan dibiarkan oleh para pendidik termasuk kepala sekolah, maka kualitas proses pembelajaran akan tetap rendah, sehingga mustahil upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan akan mencapai hasil yang signifikan. Pada ak.hirnya harapan masyarakat pada sekolah atau lembaga pendidikan agar menghasilkan lulusan atau sumber daya manusia yang berkualitas hanya merupakan angan-angan belaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menemukan; (1) Hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru SD di Kecamatan Dramaga. (2)Hubungan antara efikasi diri guru dengan kinerja guru SD di Kecamatan Dramaga. (3) Hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan efikasi diri guru secara bersama-sama dengan kinerja guru di Kecamatan Dramaga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional untuk mernecahkan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh guru SD di Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor dengan jumlah 283 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan Stratifield Proportional Random Sampling sebanyak 166 responden dari 34 SD Negeri di Kecamatan Dramaga. Teknik pengumpulan data untuk semua variabel menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi, korelasi berganda, regresi, regresi berganda dan koefisien determinasi dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas. Berdasarkan basil penelitian dapat disimpulkan: (1) terdapat hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru SD di Kecamatan Dramaga dengan nilai ry sebesar 0,693 dan Koefisien determinan (Kd) sebesar 0,480 dengan nilai koefisien regresi sederhana dimana t hitung > ttabel (12,298 > 1,974). (2) terdapat hubungan antara efikasi diri dengan kinerja guru SD di Kecamatan Dramaga dengan nilai Ty sebesar 0,806 dan Koefisien deterrninan (Kd) sebesar 0,649 dengan nilai koefisien regresi sederhana dimana t hitung > ttabel(17,41>1,974). (3)Terdapat hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan efikasi diri guru secara bersarna-sama dengan kinerja guru di kecamatan Dramaga dengan nilai ry_12 sebesar 0,808 dan nilai Fhitung > Frabel ( 153,57 > 3,05). Berdasarkan temuan tersebut untuk meningkatkan kinerja guru dapat dilakukan rnela1ui perbaikan kepemimpinan kepala sekolah dan efikasi diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43784.pdf
Uncontrolled Keywords: Teacher Performance, Principal leadership and Teacher's self-Efficacy,Kinerja Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Efikasi Diri Guru
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150-159 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.4 Leadership (Kepemimpinan yang Berkaitan dengan Psikologi)
300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2012 Principals (Kepala Sekolah)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Feb 2020 04:12
Last Modified: 14 Feb 2020 04:12
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8887

Actions (login required)

View Item View Item