Pengaruh Metode Pembelajaran Simulasi Dan Diskusi Dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Cipete Utara 13 Pagi Jakarta Selatan

Pebriyanto, Muchammad (2018) Pengaruh Metode Pembelajaran Simulasi Dan Diskusi Dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Cipete Utara 13 Pagi Jakarta Selatan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43814.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran simulasi tipe role playing; dan metode pembelajaran diskusi, dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eskperimen kuasi dengan desain faktorial 2 x 2. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cipete Utara 13 Pagi Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan metode pembelajaran simulasi lebih tinggi dari siswa yang diajarkan metode pembelajaran diskusi, 2) hasil belajar IPS siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi lebih tinggi dari siswa yang memiliki kepercayaan diri rcndah, 3) terdapat pengaruh interaksi antara metode pernbelajaran dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar IPS, 4)pada kelompok siswa dengan kepercayaan diri tinggi, basil belajar IPS siswa yang diajar dengan metode pembelajaran simu\asi lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan metode pembelajaran diskusi, 5) pada kelompok siswa dengan kepercayaan diri rendah, hasil bclajar IPS siswa yang diajar dengan metode pembelajaran diskusi lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan metode pembelajaran simulasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43814.pdf
Uncontrolled Keywords: Learning Methods Simulation and Discussion, Self-Confidence,Learning Outcomes of Social Studies Class V,Metode Pembelajaran Simulasi dan Diskusi, Kepercayaan Diri,Hasil Belajar IPS Kelas V.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 Feb 2020 06:41
Last Modified: 19 Feb 2020 06:41
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8891

Actions (login required)

View Item View Item