Sukaesih, Esih (2018) Pengaruh Strategi Pembelajaran Discovery Learning dan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar IPA Kolas VI Sekolah Dasar Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43754.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (14MB) | Preview |
Abstract
Rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas VI SD di Kecarnatan Sukajaya Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat merupakan masalah utama yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini. Hasil belajar IPA dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran yang mendorong siswa aktif menentukan dan menganalisa informasi materi yang dipelajari. Salah satu strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar IPA di SD adalah strategi pembelajaran discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran discovery learning plus diskusi dan plus ceramah terhadap hasil belajar IPA Kelas VI SD di Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogar. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Kelas eksperimen mendapat perlakuan dengan strategi pembelajaran discovery learning plus diskusi dan kelas kontrol dengan strategi pembelajaran discovery learning plus ceramah. Berdasarkan perhitungan, data hasil penelitian menunjukan: 1) terdapat perbedaan pengaruh strategi pembelajaran discovery learning plus diskusi dan plus ceramah terhadap hasil belajar IP A, 2) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA pada siswa yang memiliki percaya diri tinggi dan diri rendah, 3) Bagi siswa yang memiliki percaya diri tinggi, lebih baik dengan strategi pembelajaran discovery learning plus diskusi 4) Bagi siswa dengan percaya diri rendah, lebih baik dengan strategi pembelajaran discovery learning plus cerarnah, 5) Terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran discovery learning dan percaya diri terhadap hasil belajar IPA.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43754.pdf |
Uncontrolled Keywords: | discovery learning strategy, self-confidence, learning outcomes for science, strategi pembelajaran discovery learning, percaya diri, hasil belajar IPA |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 19 Feb 2020 07:56 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 07:56 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8892 |
Actions (login required)
View Item |