Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw dan STAD Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VI Sekolah Dasar Gugus V Citeureup-Bogor Jawa Barat

Sadiyah, Halimatu (2018) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw dan STAD Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VI Sekolah Dasar Gugus V Citeureup-Bogor Jawa Barat. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43767.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS antara peserta didik yang diberi perlakuan pembelajaran model pembelajaran Jigsaw dengan model pembelajaran STAD, dan pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar JPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian desain factorial 2 x 2. Sampel dalam penelitian ini adalah Siswa Sekolah Dasar Negeri Sukahati di Kelas VI di Kecamatan Citeureup, Gugus V Kecamatan Citeureup-Bogor Jawa Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Hasil belajar JPS Peserta Didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw lebib tinggi daripada peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif STAD 2) terdapat interaksi antara model pembelajan dan minat belajar terhadap basil belajar IPS Peserta Didik 3) Pada Peserta Didik dengan minat belajar tinggi, basil belajar JPS Peserta Didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw lebih tinggi daripada yang diajar dengan model STAD 4) hasil belajar JPS peserta didik yang memiliki minat belajar rendah yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw lebih tinggi daripada yang diajar dengan model STAD.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43767.pdf
Uncontrolled Keywords: Learning Models Jigsaw & STAD Learning Interest, Learning Outcomes Social Science Class VI, Model Pembelajaran Jigsaw dan STAD Mina! Belajar, hasil Belajar JPS Kelas V
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.9598 Elementary Education in Indonesia (Pendidikan Dasar di Indonesia)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 Feb 2020 08:05
Last Modified: 19 Feb 2020 08:05
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8893

Actions (login required)

View Item View Item