Pengaruh Pendekatan Saintifik Dan Sikap Tanggung Jawab Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Pebriyono, Muhammad (2018) Pengaruh Pendekatan Saintifik Dan Sikap Tanggung Jawab Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43817.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui hubungan pendekatan saintifik dan sikap tanggung jawab terhadap kernampuan membaca pernaharnan cerita fiksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebon Jeruk 11 Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta Barat, DKI Jakarta. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan random sampling dengan jumlah sampel adalah 144 responden. Istrurnen yang digunakan berupa tes dan angket. Penelitian dilakukan bulan April hingga Mei 2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode true experiment I eksperimen nyata dengan Factorial Design 2x2. Hasil Penelitian memperlihatkan bahwa 1) Terdapat pengaruh yang signifikan hasil kemampuan membaca pemahaman cerita fiksi siswa yang diajar dengan pendekatan saintifik daripada siswa yang diajar dengan pendekatan ekspositori 2) Terdapat pengaruh yang signiftkan hasil kernampuan membaca pemahaman cerita fiksi siswa yang diajar dengan pendekatan saintifik dan memiliki tanggung jawab tinggi lebih tinggi daripada siswa dengan tanggung jawab rendah. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan basil kemampuan membaca pemahaman cerita fiksi siswa yang diajar dengan pendekatan ekspositori clan memiliki tanggung jawab rendah lebih tinggi daripada siswa dengan tanggung jawab tinggi. 4) Terjadi interaksi antara pendekatan pembelajaran dan sikap tanggung jawab dalam mempengaruhi hasil kemampuan membaca pemahaman cerita fiksi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43817.pdf
Uncontrolled Keywords: scientific approach, reading comprehension, responsibility, fiction text,pendekatan saintifik, membaca pemahaman, tanggung jawab, cerita fiksi
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.8 Other StudiesĀ for Elementary Education (Lain-lainĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 Feb 2020 02:59
Last Modified: 20 Feb 2020 02:59
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8895

Actions (login required)

View Item View Item