Peningkatan Sumber Daya Aparatur Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Sampit Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Pengguna Jasa

Normasitah, (2019) Peningkatan Sumber Daya Aparatur Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Sampit Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Pengguna Jasa. Other thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43830.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Sampit me1nbutuhkan tambahan pegawai sebanyak 90 (Sembilan puluh) orang, sedangkan saat ini pegawai yang tersedia hanya berjumlah 56 (lima puluh enam) orang. Sedangkan jumlah produk pelayanan yang dimiliki Kantor KSOP Kelas III Sampit sebanyak 32 (tiga puluh dua) jenis pelayanan yang harus diberikan kepada pengguna. Dari 56 (lima puluh enam) orang Sumber Daya Aparatur yang tersedia, hanya 60% (enam puluh persen) me1niliki kualifikasi pendidikan pelatihan teknis fungsional dan pelatihan administrasi. Dengan kondisi demikian, tentu saja Kantor KSOP Kelas III Sampit mampu tidak memberikan pelayanan yang maksimal. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan Sumber Daya Apartur Kantor KSOP Kelas III Sampit dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa dan faktor apa saja yang menjadi penghambat penunjang peningkatan Sumber Daya Aparatur Kantor KSOP Kelas III Sampit dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk inendeskripsikan clan menganalisis tentang peningkatan Sumber Daya Apartur Kantor KSOP Kelas III Sampit dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa dan mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor penghambat dan penunjang peningkatan Sumber Daya Aparatur Kantor KSOP Kelas III Sampit dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa. Penelitian ini dilakukan di Kantor KSOP Kelas Ill Sampit, dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah Kepala Kantor,pegawai Kantor KSOP Kelas III Sampit dan penggunajasa. Dengan hasil penelitian menjelaskan tentang peningkatan Sumber Daya Aparatur pada Kantor KSOP Kelas III Sampit melalui Pendidikan formal, Pelatihan Teknis, Pelatihan Administrasi dan Mutasi Intern. Adapun produk layanan yang diberikan sebanyak 32 (tiga puluh dua) jenis pelayanan. Dilihat dari faktor penghambat Anggaran, Kesempatan yang diberikan pimpinan, Persyaratan mengikuti peningkatan kompetensi dan Motivasi pegawai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan Sumber Daya Aparatur sangatlah penting untuk meningkatan pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information (ID): 43830.pdf
Uncontrolled Keywords: Apparatus Resources, Service, Sumber Daya Aparatur, Pelayanan.
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3 Personnel Management (Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 21 Feb 2020 03:14
Last Modified: 21 Feb 2020 03:14
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8901

Actions (login required)

View Item View Item