Pengaruh Strategi Pembelajaran (Discovery Learning Vs Konvensional) Dan Gaya Belajar (Auditorial Vs Kinestetik) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD

Haerudin, Mohamad (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran (Discovery Learning Vs Konvensional) Dan Gaya Belajar (Auditorial Vs Kinestetik) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43815.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran matematika yang diselenggarakan di sekolah masih berpusat pada guru, di mana kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh guru dan siswa hanya mendengar, mencatat serta mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh guru. Hal tersebut berdampak hasil belajar siswa masih tergolong rendah, termasuk hasil belajar pada materi bangun datar. Oleh karena itu guru seharusnya menggunakan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah strategi pembelajaran Discovery Learning. Strategi pembelajaran Discovery Learning ini mengutamakan kegiatan siswa menemukan sendiri konsep matematika, berdasarkan materi yang sedang dipelajari dan dapat melatih siswa dalaro mengiogat materi yang sudah dipelajari. Untuk itu, dilaknkan penelitian untuk mengkaji pengaruh strategi pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Discovery Learning dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Negeri Solear II KabupatenTangerang - Banten. Untuk mengukur ketercapaian tujuan dengan cara membandingkan hasil belajar siswa antara strategi pembelajaran Discovery learning dan konvensional serta mengukur pengaruh antara gaya belajar siswa antara auditorial dan konvesional terhadap hasil belajarnya Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Solear JI Kabupaten Tangerang yang berjumlah 74 siswa yang terdiri alas dua kelas, dengan rincian kelas VA sebanyak 37 siswa dan kelas VB sebanyak 37 siswa, Sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa yang terdiri dari kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. lnstrumen dalarn penelitian ini adalah soal berbentuk esai sebanyak 5 butir yang dilaksanakan saat pretes dan postes serta insrumen untuk mengukur gaya belajar siswa. Hasil analisis data didapatkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata - rata peningkatan kemampuan hasil belajar matematika siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, di mana kelas kontrol memiliki nilai rata - rata 66, 75 dan lebih rendah dibandingkan dengan kelas eksperimen yang mencapai 78,75. Artinya bahwa terdapat peogaruh strategi pembelajaran Discovery Learning dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43815.pdf
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Gaya belajar, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 02 Mar 2020 07:45
Last Modified: 02 Mar 2020 09:16
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8905

Actions (login required)

View Item View Item