Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis Siswa

Riyadi, Agus Soleb (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis Siswa. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43933.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis antara siswa yang mendapat model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest and postest non-equivalent group design yang dilaksanakan di SMPN l Bangodua kelas VIII. Penelitian ini menggunakan instrumen tes yang mengukur kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (I) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang mendapat model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. Kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapat model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dari siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. (2)Terdapat perbedaan kemampuan komuniksasi matematis antara siswa yang mendapat model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. Kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dari siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43933.pdf
Uncontrolled Keywords: guided inquiry, mathematical reasoning, mathematical Communication, inkuiri terbimbing, penalaran matematis, komunikasi matematis
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.236 Lower Level Secondary School (Sekolah Menengah Pertama, SMP)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 10 Mar 2020 03:41
Last Modified: 10 Mar 2020 03:41
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8919

Actions (login required)

View Item View Item