Lase, Sorianus (2018) Pengaruh Supervisi dan Manajemen Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Se-Kecamatan Bawolato Kabupaten Nias. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43937.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui: (1)Pengaruh Supervisi Terhadap Kinerja Guru; (2) Pengaruh Manajemen Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru; dan (3) Pengaruh Supervisi dan Manajemen Kepala Sekolah secara simultan Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar seKecamatan Bawolato Kabupaten Nias. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Ex-Post Facto. Jumlah responden sebanyak 76 orang yang diambil dengan proporsional random sampling. Instrumen penelitian berupa angket yang telah memenuhi syarat validitas clan reliabilitas, sedang analisis data lewat analisis deskriptif dan analisis infrensial. Sebagai persyaratan analisis diferensial, data berdistribudi normal, homogen dan linear. Hasil analisis menunjukkan: 1) Persamaan regresi: Y = 8,252 + 0,975X1 + 0,069X2 ; 2) Uji t variabel kemampuan supervisi kepala sekolah diperoleh thitung > ttabe1 (27,059 > 1,992),sehingga berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru; Uji t variabel manajemen kepala sekolah diperoleh thitung > ftabel (14,762 > 1,992), sehingga berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru; Uji F variabel kemampuan supervisi dan manajemen kepala sekolah diperoleh Fhitung > Ftabe1 (363,174 > 3,12), sehingga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Uji determinasi R2 = 0,909; berarti besarnya sumbangan pengaruh kemampuan supervisi dan manajemen kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 90,9 % dan selebihnya dipengaruhi variabel lain. Kesimpulan basil penelitian : 1) Hipotesis yang meyatakan " terdapat pengaruh kemampuan supervisi kepala sekolah terhaclap kinerja guru" teruji kebenarannya, 2) Hipotesis yang menyatakan " terdapat pengaruh kemampuan manajemen kepala sekolah terhadap kinerja guru" teruji kebenarannya. 3) Hipotesis yang menyatakan "terdapat pengaruh kemampuan supervisi dan manajemen kepala sekolah secara simultan terhadap kinerja guru" teruji kebenarannya.
Actions (login required)
View Item |