Pengaruh Supervisi dan Manajemen Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Se-Kecamatan Bawolato Kabupaten Nias

Lase, Sorianus (2018) Pengaruh Supervisi dan Manajemen Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Se-Kecamatan Bawolato Kabupaten Nias. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43937.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui: (1)Pengaruh Supervisi Terhadap Kinerja Guru; (2) Pengaruh Manajemen Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru; dan (3) Pengaruh Supervisi dan Manajemen Kepala Sekolah secara simultan Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar seKecamatan Bawolato Kabupaten Nias. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Ex-Post Facto. Jumlah responden sebanyak 76 orang yang diambil dengan proporsional random sampling. Instrumen penelitian berupa angket yang telah memenuhi syarat validitas clan reliabilitas, sedang analisis data lewat analisis deskriptif dan analisis infrensial. Sebagai persyaratan analisis diferensial, data berdistribudi normal, homogen dan linear. Hasil analisis menunjukkan: 1) Persamaan regresi: Y = 8,252 + 0,975X1 + 0,069X2 ; 2) Uji t variabel kemampuan supervisi kepala sekolah diperoleh thitung > ttabe1 (27,059 > 1,992),sehingga berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru; Uji t variabel manajemen kepala sekolah diperoleh thitung > ftabel (14,762 > 1,992), sehingga berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru; Uji F variabel kemampuan supervisi dan manajemen kepala sekolah diperoleh Fhitung > Ftabe1 (363,174 > 3,12), sehingga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Uji determinasi R2 = 0,909; berarti besarnya sumbangan pengaruh kemampuan supervisi dan manajemen kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 90,9 % dan selebihnya dipengaruhi variabel lain. Kesimpulan basil penelitian : 1) Hipotesis yang meyatakan " terdapat pengaruh kemampuan supervisi kepala sekolah terhaclap kinerja guru" teruji kebenarannya, 2) Hipotesis yang menyatakan " terdapat pengaruh kemampuan manajemen kepala sekolah terhadap kinerja guru" teruji kebenarannya. 3) Hipotesis yang menyatakan "terdapat pengaruh kemampuan supervisi dan manajemen kepala sekolah secara simultan terhadap kinerja guru" teruji kebenarannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43937.pdf
Uncontrolled Keywords: Supervision, Management Principal, Performance, Teacher Supervisi, Manajemen, Kepala Sekolah, Kinerja, Guru
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2012 Principals (Kepala Sekolah)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 Mar 2020 03:14
Last Modified: 09 Feb 2021 03:13
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8942

Actions (login required)

View Item View Item