Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tyfe Group Investigation Dan Interaksi Sosial Terhadap hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 010243 Binjai Serbangan Kabupaten Asahan

Suadi, Juniar Adnan (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tyfe Group Investigation Dan Interaksi Sosial Terhadap hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 010243 Binjai Serbangan Kabupaten Asahan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43932.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan apakah hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran group invesiigation lebih tinggi dari hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan mode pembelajaran ekspositori, apakah hasil beiajar IPS siswa yang memiliki interaksi sosial kooperatif lebih tinggi dari hasil belajar IPS siswa yang rnemiliki interaksi kompetitif, apakah ada interaksi antara model pembelajaran dan interaksi sosial terhadap hasil belajar lPS siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas SD Negeri 010243 Binjai Serbangan Kabupaten Asahan yang berjumlah 64 orang terdiri dari 2 (dua) kelas. Dengan rincian kelas sebagai berikut : kelas VA berjumlah 32 orang, kelas v berjumlah 32 orang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen dengan faktorial 2x2. Dalam penelitian ini variabel bebas pertama terdiri dari dua karakteristik yakni group investigation dan model pembelajaran ekspositori. Sedangkan pada variabel bebas kedua (variabel moderator) terdiri dari dua karakteristik yakni interaksi sosial kompetitif dan interaksi kooperatif serta variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS. Hasil penelitian dikemukakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa menggunakan model group investigation dengan model ekspositori, Hasil belajar IPS siswa menggunakan model pembelajarnn group investigation dengan nilai Rata-rata 89,31, sedangkan hasil belajar IPS siswa menggunakan model pembelajaran ekspositori memperoleh nilai rerata 83,03. Terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa memiliki interaksi sosial kooperatif dengan memiliki interaksi sosial kompetitif. Siswa yang memiliki interaksi sosial kooperatif dengan nilai rerata hasil belajar IPS yaitu sebesar 89,71, sedangkan siswa yang memiliki interaksi sosial kompetitif memperoleh nilai rata-rata adalah 82,85. Terdapat interaksi model pembelajaran dan sikap belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa. Dengan hasil uji ANAVA AxB diketahui bahwa Foh=S,108 dan Fo-,os(l,(.iJ= 4,000 dan hasil hitung Fnti"" 5,726>4,000.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43932.pdf
Uncontrolled Keywords: Learning model, social interaction and learning outcomes, Model pembelajaran, interaksi sosial terhadap hasil belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 Mar 2020 03:42
Last Modified: 03 Feb 2021 07:30
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8943

Actions (login required)

View Item View Item