Pengaruh Pembelajaran Sains Terhadap Sikap Tanggap Bencana (Refleksi Diri) Siswa di SDN Satak 1 Kabupaten Kediri

Iriyani, Dwi and Asnawi, (2019) Pengaruh Pembelajaran Sains Terhadap Sikap Tanggap Bencana (Refleksi Diri) Siswa di SDN Satak 1 Kabupaten Kediri. In: Seminar Nasional matematika, Sains, dan Teknologi Fakultas Sains dan Teknologi Tahun 2019 (Peran Matematika, Sains, dan Teknologi dalam Kebencanaan), 03 Oktober 2019, Universitas Terbuka Convention Center (UTCC).

[img]
Preview
Text
S0025-20.pdf.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Upaya dalam melakukan pengurangan terhadap resiko bencana dan lambannya penanganan pascabencana menjadi indikator rendahnya kemampuan mitigasi dan pengelolaan bencana di negara kita. Pentingnya budaya sikap sadar bencana bagi masyarakat perlu dilakukan sejak dini, demikian halnya dengan model pendidikan yang pernah peneliti lakukan memberikan konstribusi yang positif bagi masyarakat tentang pengetahuan dan pemahaman akan bencana. Terisolasinya daerah, minimnya kesadaran dan perhatian masyarakat terhadap pendidikan dan pengetahuan kebencanaan untuk membangun sikap sadar bencana bagi siswa-siswa SD di Desa Laharpang Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri menjadi alasan utama penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran sains (kebencanaan gunung berapi) terhadap sikap refleksi diri siswa terkait kebencanaan yang terjadi di daerahnya. Metode penelitian dilakukan dengan survey, kuisioner, dan simulasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif menggunakan perhitungan persentase dan dianalisis secara kualitatif sehingga dapat dipahami secara komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan 85% siswa sekolah dasar tersebut menyatakan sedih saat gunung meletus terjadi di daerahnya dan akibat bencana gunung meletus 74,3% siswa menyatakan sedih karena kegiatan sekolah tidak dapat berlangsung dengan baik. Demikian halnya, sebanyak 60% siswa menyatakan ketakukan mendalam akan kehilangan anggota keluarga/teman akibat bencana tersebut yang dapat mengakibatkan siswa mengalami trauma psikologis.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): S0025-20.pdf
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran sains,gunung berapi, sikap refleksi diri
Subjects: 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 363.3495 Earthquake Disaster Services (Pengamanan dari Bencana Alam)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
500 Natural Science and Mathematics > 550-559 Earth Sciences (Ilmu Bumi) > 551.21 Volcanoes (Gunung Berapi  )
Divisions: Prosiding Seminar > Seminar Nasional FST-UT 2019
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 21 Apr 2020 11:42
Last Modified: 21 Apr 2020 11:42
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8965

Actions (login required)

View Item View Item