Pembelajaran dari Rumah (Learning from Home ) Bagi Anak Usia Dini, Mungkinkah? (Studi Kasus Pelaksanaan LfH di TK, Tangerang Selatan)

Amini, Mukti and Latifah, Ifat (2020) Pembelajaran dari Rumah (Learning from Home ) Bagi Anak Usia Dini, Mungkinkah? (Studi Kasus Pelaksanaan LfH di TK, Tangerang Selatan). In: Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) XII FKIP UT, 26-26 juli 2020, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
20. Pembelajaran dari Rumah. Rev.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (439kB) | Preview

Abstract

Awal tahun 2020 ini ditandai dengan peristiwa yang tidak terduga, yaitu pandemik virus covid-19 yang melanda hampir merata ke seluruh dunia. Untuk menghambat penyebaran virus, maka dilakukan berbagai upaya antara lain menjaga jarak secara fisik (physical distancing). Upaya ini melahirkan kebijakan berbagai aktivitas yang sementara cukup dilakukan di rumah saja. Termasuk dalam pembelajaran, yaitu dengan menerapkan pembelajaran dari rumah dengan istilah Learning from Home (LfH). Sebagai sarana komunikasi antara guru dan anak didik, maka berbagai aplikasi teknologi menjadi pilihan. Lalu bagaimana jika LFH juga harus diterapkan untuk anak usia dini? Format LFH seperti apa yang tetap berlandaskan ‘belajar sambal bermain’? Tulisan ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang pelaksanaan LFH pada anak usia dini, di salah satu TK di Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan melibatkan para guru di TK tersebut, yaitu 3 guru kelompok A, 3 guru kelompok B dan 1 guru KB. Hasil penelitian ini adalah deskripsi tentang perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi LFH di TK, juga peluang dan kendala dari sudut pandang guru. Peluang LFH yang dirasakan guru adalah orang tua lebih intensif terlibat dalam pendidikan anaknya. Sedang kelemahan LFH yang dirasakan guru adalah LFH sangat mengandalkan perangkat teknologi dan akses internet yang memadai, serta belum meratanya kesiapan orang tua untuk mendampingi anaknya belajar di rumah. Saran terhadap penelitian ini adalah perlu dilakukan kajian mendalam tentang pelaksanaan LFH yang ideal bagi anak usia dini di Indonesia,sesuai dengan karakter dan kebutuhan wilayahnya yang beragam.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 20. Pembelajaran dari Rumah. Rev.pdf
Uncontrolled Keywords: Learning from Home, Anak Usia Dini, Belajar Sambil Bermain
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School (Pendidikan Pra Sekolah)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru XII
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 07 Oct 2020 02:37
Last Modified: 07 Oct 2020 02:41
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9090

Actions (login required)

View Item View Item