Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Pada Kelas 3 SDN Petrokimia Gresik

Sari, Yeni Noveta Eka (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Pada Kelas 3 SDN Petrokimia Gresik. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44164.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Motivasi dan basil belajar siswa merupakan dua bal yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika. Pengarub model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization dapat meningkatkan motivasi dan basil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalab untuk (1) mengetahui pengaruh yang signifikan pada siswa yang diberi model pembelajaran Teams Assisted Individualization terbadap hasil belajar matematika, (2) mengetahui pengaruh pada siswa yang diberi model pembelajaran Teams Assisted Individualization terbadap motivasi belajar matematika dan (3) mengetahui pengaruh antara penggunaan model Teams Assisted Individualization dengan motivasi dan basil belajar matematika pada kelas 3 SDN Petrokimia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas III di SD Negeri Petrokimia Gresik tabun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel adalah teknik cluster random sampling, diperoleh kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket tentang motivasi belajar dan tes hasil belajar dalam bentuk tes objektif. Hasil uji homogenitas dari nilai pretest dan posttest basil belajar dan motivasi belajar menunjukkan Frutung 2: Ftabe1 pada taraf signifikan 5% maka data bersifat homogen. Uji normalitas nilai pretest dan pastiest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus Lilliefors berdistribusi normal. Analisis bipotesa dilakukan menggunakan Paired Sample T-Test dengan Thitung ≥: t-tabel, besar t hitung adalah I-7,51I sedangkan t-tabel 1,71 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% maka diperoleb kesimpulan terdapat pengaruh pembelajaran tipe Team Assisted Indivualization terhadap hasil belajar matematika dan motivasi belajar pada kelas III di SD Negeri Petrokimia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44164.pdf
Uncontrolled Keywords: Teams Assisted Individualization Model, learning motivation and learning outcomes,Model Teams Assisted Individualization, motivasi belajar dan hasil belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (Berhitung untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 13 Nov 2020 02:48
Last Modified: 18 Nov 2020 09:00
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9166

Actions (login required)

View Item View Item