Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Alat Peraga Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar

Sufanti, Meifi (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Alat Peraga Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44162.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh bukti empiris perbandingan hasil belajar matematika antara strategi pembelajaran STAD berbantuan alat peraga dan STAD berbantuan multimedia powerpoint dengan gaya belajar audio dan kinestetik. Dua kelas dipilih secara acak kelas VA mendapat pembelajaran STAD berbantuan alat peraga sebagai kelas eksperimen 2 dan kelas VB mendapat pembelajaran STAD berbantuan multimedia powerpoint sebagai kelas eksperimen 2. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu dengan desain penelitian faktorial 2x2. Instrument menggunakan tes hasil belajar bentuk soal pilihan ganda dan kuesioner gaya belajar siswa. Dari hasil ANOVA dua jalur pada alpha 0,01 F tabel (3,24) = 4,72. Strategi pembelajaran diperoleh F hitung 10,500 gaya belajar F hitung 7,714 dan interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar F hitung 5,357 hasil ketiga tersebut menunjukkan F hitung > F tabel maka Ho ditolak, pada uji lanjut Multiple Comparasion diperoleh nilai perbedaan rata-rata kelompok gaya belajar audio (q) lebih kecil 0,46 dari q-tabel 3,90 maka tidak signifikan dan perbedaan rata-rata kelompok gaya belajar kinestetik pada kelas ekpserimen 1 dan 2 (q2)lebih besar 5,55 dari q-tabel 3,90 maka signifikan. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: I) terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa pada kelas yang mendapat pembelajaran ST AD berbantuan alat peraga antara pembelajaran STAD berbantuan multimedia powerpoint 2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa dengan gaya belajar audio dan kinestetik 3)Bagi siswa dengan gaya belajar audio, hasil belajar matematika siswa tidak lebih tinggi bila diajar dengan pembelajaran STAD berbantuan multimedia powerpoint dibandingkan dengan pembelajaran STAD berbantuan alat peraga 4) Bagi siswa dengan gaya belajar kinestetik basil belajar matematika siswa lebih tinggi bila diajar dengan pembelajaran ST AD berbantuan alat peraga, dibandingkan dengan pembelajaran ST AD berbantuan multimedia powerpoint 5) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran ST AD dengan gaya belajar audio dan kinestetik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44162.pdf
Uncontrolled Keywords: STAD, Learning Style, Teaching aids, Learning Outcomes, Gaya Belajar, Alat Peraga, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 13 Nov 2020 04:18
Last Modified: 20 Nov 2020 02:53
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9168

Actions (login required)

View Item View Item