Lestariningsih, Ika (2019) Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Team Game Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika Dan Cara Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SD. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
44161.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
Program Pasca sarjana Pendidikan Dasar Universitas Terbuka Penelitian ini bertujuan untuk menentukan ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran TGT terhadap peningkatan hasil belajar dan cara berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V Sekolah Dasar materi penghitungan luas bangun datar. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TGT ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bersaing menjadi yang terbaik, menumbuhkan semangat bekerja sama, dan marnpu memiliki kemampuan dalam memecahkan berbagai permasalahan serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan perolehan data melalui kegiatan angket untuk mengetahui tingkat pengaruh dari model pembelajaran TGT terhadap cara berpikir kreatif siswa. Melalui kegiatan pretest dan posttest untuk mengukur pengaruh dari pengaruh dari model pembelajaran dan cara berpikir kreatif terhadap hasil belajar siswa kelas V SD pada pembelajaran matematika dengan mengunakan indikator aspek kemampuan berpikir kreatif yang meliputi: orisonalitas, kelancaran, kelenturan dan Elaborasi. Berdasarkan hasil penelitian Model pembelajaran TGT memiliki pengaruh yang signifikan hal ini dapat diketahui dari 19 siswa pada kegiatan pretest pembelajaran menggunakan TGT terdapat 4 siswa (21 %) yang memiliki TKB (Tingkat Kemampuan Berpikir) tidak kreatif, 12 si swa ( 63 .16%) TKB kurang kreatif ,TKB cukup kreatif 3 siswa (15.79%) dan TKB kreatif dan sangat kreatif adalah 0%. Sedangkan hasil TKB kreatif siswa setelah melaksanakan pembelajaran (posttest) dengan menggunakan model pembelajam TGT mengalami peningkatan pada yakni: pada TKB tidak kreatif 0%, TKB kurang 3 siswa ( 15. 79 % ), pada TKB cukup kreatif 9 siswa (47.37%), pada kemampuan berpikir siswa yang kreatif menjadi 4 siswa atau 21.05% dan TKB sangat kreatif 3 orang siswa (15.79%). Model pembelajaran TGT terhadap cara berpikir kreatif siswa memiliki pengaruh yang sinifikan hal ini ditunjukkan melalui hasil statistik yang menggunakan uji one way anova dengan nilai p-value yang dihasilkan sebesar 0,044, nilai tersebut tidak lebih besar dari alpha 5%, dan pengaruh dari metode pembelajaran TGT dan cara berpikir kreatif terhadap hasil belajar siswa baik secara serentak maupun parsial, memiliki hasil yang signifikan hal ini ditunjukkan melalui hasil statistik uji two way anova denga nilai p-value yang dihasilkan sebesar 0,002, dan p-value dari gabungan antara metode pembelajaran dan berpikir kreatif terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,001 nilai tersebut tidak lebih besar dari alpha 5%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 44161.pdf |
Uncontrolled Keywords: | TGT learning model, creative thinking, learning outcomes,Model pembelajaran TGT, Berpikir kreatif, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 13 Nov 2020 07:21 |
Last Modified: | 18 Nov 2020 08:54 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9169 |
Actions (login required)
View Item |