Pengaruh Strategi Pembelajaran Make A Match Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Di Kecamatan Bilah Barat

Siregar, Ramlan (2018) Pengaruh Strategi Pembelajaran Make A Match Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Di Kecamatan Bilah Barat. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43922.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Guru dalam melaksanakan pembelajaran IPS di kelas menggunakan strategi pembelajaran ekspositori yang berorientasi kepada pencapaian hasil belajar yang dapat diamati dan diukur. Guru memindahkan informasi sebanyak-banyaknya kepada siswa berupa konsep, prinsip dan aturan-aturan yang sulit dipahami oleh siswa. Siswa menjadi bosan, tidak tertarik dengan pembelajaran yang dilaksanakan. Motivasi belajar siswa rendah sehingga hasil belajarnya dan mutu pendidikan di sekolah menurun. Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di kelas V pada pelajaran IPS materi "Kenampakan Alam Indonesia" maka digunakan strategi pembelajaran make a match. Penelitian ini mendeskripsikan bahwa hasil belajar IPS siswa menggunakan strategi make a match lebih baik dari hasil belajar menggunakan ekspositori, apakah siswa memiliki motivasi belajar tinggi memiliki hasil belajar lebih tinggi daripada siswa memiliki motivasi belajar rendah, apakah ada interaksi strategi pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar siswa?. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Bilah Barnt yang be1jumlah 60 orang terdiri dari 2 kelas berbeda. Dengan rincian sebagai berikut : kelas V-A berjumlah 30 orang SON 112158 Tanjung Medan, kelas V-B berjumlah 30 orang SON 117831 Tanjung Beringin. Desain penelitian ini adalah desain eksperimen dengan faktorial 2x2. Dalam penelitian ini variabel bebas pe1iama menggunakan dua strategi yakni make a match dan ekspositori. Sedangkan variabel bebas kedua (variabel moderator) terdiri dari motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah serta variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS. Hasil penelitian ini yang dibelajarkan dengan strategi make a match lebih tinggi dari strategi pembelajaran ekspositori. Siswa yang belajar dengan pembelajaran make a match nilai rata-ratanya 89,30. sedangkan yang menggunakan ekspositori nilai rata-ratanya 83,60. Hasil belajar IPS siswa memiliki motivasi belajar tinggi memperoleh rata-rata sebesar 89,24, sedangkan siswa yang memiliki rnotivasi belajar rendah nilai rata-ratanya 83,84. Terdapat interaksi strategi pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Hasil perhitungan dengan uji ANAVA diperoleh harga sig. a=0.0\ 3<sig. a=0.05.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43922
Uncontrolled Keywords: Leaming Strategy, Learning Motivation and Learning Outcomes,Strategi pembelajaran, Motivasi belajar, Hasil belajar.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 09 Feb 2021 04:46
Last Modified: 09 Feb 2021 04:46
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9215

Actions (login required)

View Item View Item