Efektivitas Penggunaan Metode Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Kelas IV

Nasihah, Alfiyatun (2019) Efektivitas Penggunaan Metode Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Kelas IV. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44187.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Metode realistic mathematic education menekankan pada situasi yang dapat dipahami oleh siswa karena dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari,sehingga menjadi suatu metode pembelajaran yang bermakna dan tidak mudah dilupakan. Dengan metode realistic mathematic education diharapkan dapat meningkatkan pemahaman materi bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menguji penggunaan metode realistic mathematic education (RMB) yang secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan pada siswa kelas IV~ 2) mengukur metode realistic matematic education lebih efektif dari pada problem posing dalam upaya peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan pada siswa kelas IV. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Populasinya seluruh siswa kelas IV SD yang ada di gugus Ill Kecamatan Widang tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan 2 kelas sampel yang dipilih secara random sampling dengan kelas eksperimen dengan metode pembelajaran realistic mathematic education (RME)dan kelas kontrol dengan metode problem posing. lnstrumen yang digunakan dalam meogumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data diJakukan dengan deskriptif kuantitatf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai paired t-test pada kelompok intervensi menunjukkan p value 0.000, artinya metode matematika realistik meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan. t-test 2 sample bebas P-value = 0,000, dengan mean pada kelompok iotervensi 17.47 dan kelompok kontrol 4.91. Dengan demikian metode realistic matematic education (RME) lebih efektif daripada problem posing dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44187.pdf
Uncontrolled Keywords: realistic mathematical methods, mathematics in the elementary school, fraction story problems, Metode Matematika Realistik, Matematika di SD, Soal Cerita Pecahan
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 10 Feb 2021 07:23
Last Modified: 10 Feb 2021 07:23
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9218

Actions (login required)

View Item View Item