Dahlia, Rohana (2019) Hubungan Iklim Sekolah Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas 5 SD Negeri Gugus 1 Kecamatan Palas Kabupatenlampung Selatan. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
44193.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan masih memiliki penan yang dominan dalam meningkatkan kualitas serta kuantitas swnber daya manusia. Iklim sekolah yang menarik, aman, dan nyaman, ·keberadaanya di tengah-tengah siswa dapat mencairkan suasana kebekuan, kekakuan dan kejenuhan behljar yang terasa berat diterima oleh para siswa. iklim sekolah yang tidak kondusifakan berdampak negatif terhadap proses pembelajaran dan sulitnya tercapai tujuan pembelajaran, siswa akan merasa gelisah, resah, bosan dan jenuh. Guru harus mampu menggembangkan kreatifitas para siswa melalui kecakapannya sehingga memotivasi siswa untuk giat belajar sehingga menghasilkan hasil belajar yang bailc. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan iklim sekolah dan motivasi be la jar dengan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD Negeri Gugus I Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif asosiasif dengan metode analisis regresi berganda, jumlah populasi sebesar 99 siswa dan jumlah sampel sebanyak 79 siswa dengan menggunakan rumus Slovin, dilanjutkan dengan teknik stratified random sampling dan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menyebar instrumen. Berdasarkan analisis data diperoleh 1) Terdapat hubungan positif antara iklim sekolah dengan hasiI belajar IPA siswa dengan nilai R sebesar 0,068, 2) Terdapat hubungan positif antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa IPA yang ditunjukkan bahwa nilai R sebesar 0,038 serta 3) secara bersama-sama iklim sekolah dan motivasi belajar merniliki hubungan yang positif terhadap hasil belajar IPA siswa dengan nilai R sebesar 0,113.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 44193.pdf NIM. 500634939 |
Uncontrolled Keywords: | school Climate, learning molivation, learning outcomes iklim sekolah, motivasi belajar, hasil belajar |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 07:34 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 07:34 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9229 |
Actions (login required)
View Item |