Suprapti, (2019) Pengaruh Multimedia Berbasis Flash Terhadap Aktvitas Dan Prestasi Siswa Di Sekolah Dasar Gugus 06 Kota Batu. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
44082.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
Keberbasilan suatu pendidikan tergantung pada keberhasilan dan keahlian seorang guru dalam merancang implementasi pembelajaran di kelas. Semua pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang efektif dan menarik tergantung pada guru, karena guru adalah ujung tombak dalam proses pembelajaran. Betapapun sempurna suatu kurikulum tanpa didukung oleh kemampuan guru, kurikulum itu hanya sesuatu yang tertulis dan tidak memiliki makna. Guru adalah Perancang lnstruksi (Perancang Pengajaran). Guru Sebagai Manajer Pengajaran, Guru sebagai Penilai Pembelajaran Siswa. Kegiatan proses pembelajaran harus dirancang agar menarik sesuai dengan kebutuhan siswa dan perkembangan zaman. Pembelajaran yang menarik minat siswa akan membangkitkan keaktifan belajar bagi siswa dan tentunya akan mengarah pada perolehan prestasi belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Multimedia Berbasis Flash untuk meningkatkan keaktifan dan Prestasi BelajarSiswa di Gugus 06 Kota Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, suatu pendekatan yang memungkinkan perekaman dan analisis data penelitian dengan cara yang tepat dan menganalisis data menggunakan perhitungan statistik. Jenis penelitian ini adalah jenis kuasi-eksperimental dari desain kelompok control non quivalent. Populasi penelitian ini adalah siswa kela enam sekolah dasar di Gugus 6 Kota Batu, yang berjumlah 60 siswa. Dalam menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol,dilakukan uji homogenitas, sehingga kelompok eksperimen ditemukan di kelas VI A SD Sisir 03 dengan total 20 anak dan kelas kontrol Kelas VI B dengan jumlah 14 anak. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes,observasi, dan kuesioner. Tes ini digunakan untuk mengumpulkan data kuantitatif pada hasil belajar siswa yang dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pedoman observasi digunakan untuk mengamati kegiatan yang dilakukan oleh siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan multimedia berbasis flash dan pedoman kuesioner untuk mengetahui pendapat siswa tentang pembelajaran dengan Multimedia Berbasis Flash. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Pada akhir pembelajaran, penilaian hasil tes yang dicapai oleh siswa dilakukan, karena tanpa bennaksud untuk membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 44082.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Flash Based Multimedia, Active, Learning Achievement, Multimedia Berbasis Flash, Keaktifan, Prestasi Belajar |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 12 Mar 2021 06:59 |
Last Modified: | 12 Mar 2021 06:59 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9242 |
Actions (login required)
View Item |