Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Berbasis Interaktif Siswa

Masduki, Lusi Rachmiazasi (2019) Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Berbasis Interaktif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika-2019, LSMXXV. pp. 183-192. ISSN ISBN: 978-602-61009-2-4

[img]
Preview
Text
Pembelajaran Mat-prosiding lsm 27 himatika 2019.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (641kB) | Preview
Official URL: https://stis.ac.id/sipadu/pegawai/upload_jurnal/fi...

Abstract

Kegiatan studi banding dari sekolah kesekolah lain perlu diadakan, mengingat ada berbagai kebaikan serta kelebihan yang dapat ditiru demi meraih kesuksesan. Sebagai orang tua yang memiliki putra-putri yang masih kecil, tentunya pernah menyaksikan kegiatan pembelajaran di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) atau di TK (taman kanak-kanak). Pada awal pembelajaran, anak telah dibiasakan dilatih untuk bercerita tentang pengalamannya. Kemampuan anak dalam bercerita dapat berkembang dengan mengkonstruksi pengetahuan yang didapat dari pengalaman. Karakter anak akan tumbuh karena adanya interaksi antar anak ketika dalam proses belajar. Di sisi lain jika dibandingkan dengan pembelajaran di SD (Sekolah Dasar), suasana sudah pasti berbeda. Pada awal masuk kelas, siswa diwajibkan duduk manis, tangan dilipat, mendengarkan guru menjelaskan materi pelajaran. Akibatnya salah satu mata pelajaranya itu matematika hingga saat ini masih banyak siswa yang merasakan kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab, bagaimanakah cara mengajar yang baik agar siswa mudah belajar matematika. Melalui pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK) menunjukkan bahwa guru SD perlu kiranya melakukan upaya perbaikan pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan cooperative learning tipe think pair and share. Guru SD dapat berkreasi melalui perbaikan strategi pembelajaran, untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswanya, kemampuan berbagi sehingga terbiasa berinteraktif dengan teman. Interaktif antar siswa perlu dilatihkan, dan akan muncul dengan sendirinya apabila guru mampu mengembangkan melalui tugas proyek yang dikemas dalam lembar kerja siswa. Hasil dari pelatihan PTK dapat memotivasi dan menyakinkan guru bahwa interaktif siswa dapat mempermudah siswa untuk lebih cepat memahami materi matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: matematika, sekolah dasar, interaktif siswa
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.8 Students (Siswa, Murid, Pelajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Prosiding Seminar UT > Seminar Non UT
Depositing User: David NP
Date Deposited: 11 May 2021 06:21
Last Modified: 30 Sep 2024 10:09
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9334

Actions (login required)

View Item View Item