Astitiningrum, Tri and Gatot, Muhsetyo and Aisyah, Siti (2019) Analisis Kesalahan Berbahasa Siswa dalam Karangan Narasi di Kelas V SDN 10 Kampuogdalem. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
44186.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (23MB) | Preview |
Abstract
Keterampilan bahasa produktif yang perlu dilatih sejak SD salah satunya adalah karangan narasi, namun berdasarkan pengamatan pada tahap prapenelitian masih banyak siswa melakukan kesalahan berbahasa dalam karangan narasi. Tujuan penelitian ini adalah menemukan jerus kesalahan berbahasa siswa dalam karangan narasi, dan untuk mengetahui letak kesalahan berbahasa yang dilakukan pada kelompok siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah, serta untuk mendeskripsikan penyebab siswa melakukan kesalahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, tes berupa hasil karangan siswa, dan non tes berupa wawancara. Populasi yang menjadi objek penelitian adalah 38 karangan siswa, sedangkan sampel yang diambil adalah 5 siswa pada kelompok siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah yang memiliki pola jawaban yang sama. Kegiatan penelitian dilakukan dengan cara menganalisis hasil karangan siswa dan mengategorikan jenis kesalahannya ke dalam 6 komponen kebahasaan. Hasil penelitian ini adalah (1) kesalahan terbanyak adalah kesalahan ejaan yang berjumlah 441, (2) Kesalahan fonologi berjurnlah 32, (3) Kesalahan morfologi yaitu sebanyak 69, (4) Kesalahan semantik sebanyak 58, (5) Kesalahan sintak yaitu sebanyak 265 kesalahan, (6) Kesalahan kohesi dan koherensi yaitu sebanyak 115. Siswa dengan kemampuan tinggi dapat menulis ide lebih cepat, cerita lebih runtut, dan lebih teliti dalam unsur tata bahasa, ejaan, dan tanda baca. Penyebab kesalahan berbahasa yakni rninimnya pemahaman kaidah tata bahasa,terbiasa menggunakan bahasa Jawa, dan kurangnya latihan menulis karangan. Saran untuk SDN 10 Kampungdalem adalah menambah kegiatan mengarang narasi, mempublikasikan setiap kesalahan berbahasa yang dilakukan, mengajak siswa berkunjung ke perpustakaan untuk menambah kosakata.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 20/44186.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Analyze Language Error, Narrative Essay, Kind of Error, Analisis kesalahan berbahasa, karangan narasi, bentuk kesalahan |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.6 Language Skills for Elementary Education (Kemampuan Berbahasa untuk Pendidikan Dasar) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 20 May 2021 06:13 |
Last Modified: | 20 May 2021 06:13 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9345 |
Actions (login required)
View Item |