Perilaku Off Task dan On Task Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Banjarbaru Pada Pembelajaran Materi Pengenalan Mikroskop Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe STAD

Lestari, Febriyanti Puteri and Amani, Mukhyar (2010) Perilaku Off Task dan On Task Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Banjarbaru Pada Pembelajaran Materi Pengenalan Mikroskop Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe STAD. In: Seminar Nasional “Peranserta Perguruan Tinggi dalam Pengembangan Profesi Guru Melalui Karya Ilmiah”, 7 Maret 2010, Kelompok Peneliti Pendidikan Dasar (KP2D) Kota Banjarbaru.

[img]
Preview
Text
Perilaku off Task.2010.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Akhir-akhir ini semakin banyak jenis pendekatan-pendekatan pembelajaran yang berkembang dalam proses belajar mengajar mata pelajaran biologi. Salah satu jenis pendekatan yang banyak dipakai adalah pendekatan kooperatif. Pendekatan kooperatif ini dipandang dapat meningkatkan pengembangan sikap social dan belajar dari terman sekelompoknya dalam berbagai sikap positif dan kemampuan kognitif yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Pada kenyataannya, penerapan pendekatan kooperatif dalam pembelajaran banyak menimbulkan kecenderungan siswa melakukan tindakan-tindakan off task selama pembelajaran. Aktivitas off task dapat diartikan sebagai aktivitas yang tidak dikehendaki terjadi selama proses belajar mengajar. Lawan dari aktivitas off task adalah on task yaitu aktivitas siswa yang diinginkan terjadi selama proses belajar mengajar. Penelitian kelas ini bertujuan untuk mengetahui perilaku-perilaku off task dan on task siswa kelas VIISMP Negeri 9 Banjarbaru pada materi pengenalan mikroskop melalui pendekatan tipe STAD. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 9 Banjarbaru Tahun Pelajaran 2009-2010. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian kelas ini adalah catatan (fielnotes) yang dibuat berdasarkan apa yang diamati di dalam kelas. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan proses pembelajaran. Data yang dikumpulkan melalui tubulasi frekuensi dan dianalisis secara deskritif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: off task, on task, pendekatan kooperatif tipe STAD
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.236 Lower Level Secondary School (Sekolah Menengah Pertama, SMP)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: David NP
Date Deposited: 27 May 2021 10:12
Last Modified: 27 May 2021 10:12
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9348

Actions (login required)

View Item View Item