Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal Budaya Madura Materi Bunyi Kelas 4 Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis

Wirawan, Hendri Ferry (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal Budaya Madura Materi Bunyi Kelas 4 Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44349.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kurangnya penyisipan atau pemahaman budaya dan tradisi Iokal dalam pembelajaran di kelas akan menyebabkan peserta didik kurang menghargai budaya yang ada dan tumbuh di lingkungan sekitar mereka. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan penelitian yaitu: Untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal budaya Madura materi bunyi kelas 4 dalam meningkatkan keterampi1an berpikir kritis dengan valid. Untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal budaya Madura materi bunyi kelas 4 dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan praktis. Untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal budaya Madura materi bunyi kelas 4 dalam meningkatkanl keterampilan berpikir kritis dengan efektif. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, Lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, lembar observasi keterlaksanaan pernbelajaran, tes hasil belajar, dan angket kemandirian belajar siswa. Anaisis data kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan cara mengkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif berupa nilai standar skala lima. Kevalidan dan kepraktisan ditunjukan oleh hasil validasi ahli yang memunjukan nilai 4,46; sedangkan keefektifan pembelajaran ditunjukkan dengan penghitungan normal gain yang menunjukkan 48.8% siswa memperoleh nilai yang efektif; nilai-nilai karakter dalam diri siswa menunjukkan kategori baik, serta respon siswa terhadap pembelajaran adalah positif dengan sebanyak 96% siswa menilai positif terhadap pelaksanaan pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa 1) mengembangkan bahan ajar IP A berbasis kearifan budaya Madura materi bunyi kelas 4 dengan kategori valid, 2) pengembangan bahan ajar IPA berbasis kearifan budaya Madura materi bunyi kelas 4 dengan kategori praktis dan 3) pengembangan bahan ajar IPA berbasis kearifan budaya madura materi bunyi kelas 4 kategori efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44349.pdf
Uncontrolled Keywords: Science Teaching Materials, Madura Cultural Wisdom, Bahan Ajar IPA, Kearifan Budaya Madura
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 08 Sep 2021 03:35
Last Modified: 11 Dec 2023 08:14
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9432

Actions (login required)

View Item View Item