Okiriani, Andriani (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Story Telling Menggunakan Boneka Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 5. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
44373.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
Media pembelajaran berupa boneka ini perlu dibuat semenarik mungkin untuk membantu mengoptimalkan kemampuan berpikir dan keterampilan berbicara dengan orang di sekitamya, maka peneliti media pembelajaran storytelling menggunakan boneka untuk meningkatkan ketermapilan berbicara siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian campuran yang merupakan kombinasi metode kuantitatif dan metode kualitatif. Metode kuantitatif akan digunakan untuk menganalisis jenis data interval kemampuan berbicara siswa, sedangkan metode kualitatif akan digunakan untuk menganalisis tipe data ordinal media pembelajaran story telling menggunakan boneka. Responden penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol sebanyak 24 orang dan kelas eksperimen sebanyak 24 orang. lnstrumen penelitian ini adalah wawancara, kuesioner,observasi, dan dokumentasi. Metode kuantitatif diterapkan untuk menganalisis perbedaan hasil prestasi siswa antara dua kelas, se1iangkan metode kualitatif diterapkan untuk menganalisis ketrampi1an berbicara siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kedua kelas yang menerapkan media pembelajaran storytelling menggunakan boneka dan pembelajaran konvensionaL Hasil statistik menunjukkan bahwa (2-tailed)signifikansi dari uji-t sampel independen dalam post-test adalah 0,000 atau a < 0,05. Ini menyiratkan bahwa media pembelajaran storytelling menggunakan boneka untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 5.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 21/44373.pdf |
Uncontrolled Keywords: | story telling media using puppets, speaking skills, media pembelajaran story telling menggunakan boneka,keterampilann berbicara |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.6 Language Skills for Elementary Education (Kemampuan Berbahasa untuk Pendidikan Dasar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.8 Other Studies for Elementary Education (Lain-lain untuk Pendidikan Dasar) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 08 Sep 2021 07:21 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 07:09 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9437 |
Actions (login required)
View Item |