Juwono, Prihandoko (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnosains Untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Dan Kemampuan Komunikasi Materi Pesawat Sederhana Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
44411.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (12MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri, mengembangkan kemampuan hubungan sosial dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dan menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah dan pembelajaran yang berbasis learning community (masyarakat belajar). Berdasarkan hasil pengamatan yang dilaksanakan ditemukan bahwa pembelajaran di SD Negeri Tumbrep 0l masih bersifat teacher-centered, guru hanya menyampaikan IPA sebagai produk: dan siswa menghafal informasi faktual, hasil belajar kognitif siswa pada materi pesawat sederhana masih rendah, perencanaan pembelajaran yang disusun guru belum mencerminkan adanya sebuah inovasi pembelajaran. Perangkat penilaian itu dilakukan dalam rangka mempermudah pemahaman konsep siswa terhadap materi pesawat sederhana dan meningkatkan sikap tanggung jawab dan kemampuan komunikasi. Perangkat pembelajaran bemuansa etnosains ini memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengamati dan bekerjasama dalam pembelajaran yang berorientasi pada lingkungan setempat, sehingga memudahkan siswa untuk mendapatkan gambaran dalam pembelajaran. Kelebihan Pembelajaran Problem Based Learning Bemuansa Etnosains akan terjadi pembelajaran bermakna Belajar dapat semakin bermakna dan dapat diperluas ketika peserta didik berhadapan dengan situasi di mana konsep diterapkan. Pembelajaran Problem Based Learning Bemuansa Etnosains dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, menumbuhkan inisiatif peserta didik dalam bekerja, motivasi internal untuk belajar, dan dapat mengembangkan hubungan interpersonal dalam bekerja kelompok. Kelebihan dari perangkat pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnosains ini adalah adanya pengembangan tanggung jawab dan kemampuan komunikasi terhadap mata pelajaran IPA. Pembelajaran Problem Based Learning Bemuansa Etnosains sebagai suatu model pembelajaran yang kreatif dan inovatif merupakan salah satu solusi yang efektif. Model Pembelajaran Problem Based Learning Bemuansa Etnosains mendukung peserta didik dalam belajar, di mana nuansa alam yang dihadirkan dalam kelas dapat memberikan kesempatan pada peserta didik untuk selalu ingin tahu dan memiliki minat, mampu bekerjasama dalam kelompok, dan bertanggungjawab. Berdasarkan hasil uji ketuntasan rata-rata hasil belajar IPA siswa yang diajar menggunakan pembelajaran model Pembelajaran Problem Based Learning Bemuansa Etnosains lebih dari rata-rata yang ditetapkan yakni sebesar 70 dengan nilai rata-rata 74,75. Hasil tersebut sejalan dengan ketuntasan klasikal yang diperoleh, dimana lebih dari 75% atau sebesar 95,7% siswa yang diajar menggunakan pembelajaran model Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnosains mencapai hasil belajar IPA minimal 70. Model Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnosains yang dilakukan guru lebih antusias para peserta didik dalam tiap tahap, baik tahap belajar klasikal, tahap belajar dalam kelompok. Sikap tanggung jawab terlihat pada tahap siswa mempraktekkan materi pembelajaran di depan kelas. Terjadi peningkatan hasil belajar kognitif (pemahaman konsep) siswa setelah mengikuti pembelajaran model problem based learning bemuansa etnosains untuk meningkatkan sikap tanggung jawab dan kemampuan komunikasi materi pesawat sederhana pada mata pelajaran IPA kelas V yang ditandai dengan peningkatan hasil belajar IPA siswa yang diajar menggunakan pembelajaran model problem based learning bernuansa etnosains kemampuan komunikasi materi pesawat sederhana pada mata pelajaran IPA kelas V lebih dari siswa yang diajar menggunakan model konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 21/44411.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Etnosains, Responsible, PBL, Etnosains, Tanggung Jawab |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 14 Sep 2021 02:59 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:06 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9449 |
Actions (login required)
View Item |