Pengembangan perangkat penguat pendidikan karakter terintegrasi program sekolah berbantuan permainan edukasi di sekolah dasar

Sulastri, (2020) Pengembangan perangkat penguat pendidikan karakter terintegrasi program sekolah berbantuan permainan edukasi di sekolah dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44407.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Permainan edukasi merupakan salah satu media berbasis simulasi yang dirancang untuk menstimulasikan permasalah yang ada, sehingga diperoleh esensi ilmu pengetahuan dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)dalam bentuk silabus, buku pedoman guru, buku saku siswa berbantuan permainan edukasi, yang memiliki tingkat validitas dan kepraktisan produk. Perangkat PPK yang dikembangkan berbeda dengan perangkat PPK yang sudah ada. Masing-masing perangkat memuat nilai karakter yang akan dikembangkan, kegiatan yang dilaksanakan untuk mencapai nilai karakter tersebut, permainan yang digunakan dalam proses pencapaian nilai karakter tersebut. Berdasarkan prinsip bermain sambil belajar, Implementasi nilai-nilai karakter yang dulu membosankan, denganbantuan permainan akan membawa siswa ke situasi yang menjadi lebih menyenangkan. Proses pengembangan produk dimulai dengan melakukan studi pendahuluan melalui studi literatur, observasi kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter, penciptaan produk, pengujian kepada validator, uji coba skala terbatas, revisi produk, uji coba skala besar, dan produk akhir. Desain yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi perangkat Borg & Gall (1989). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Wanareja 01, Cilacap. Program sekolah yang digunakan dalam penelitian ini adalah model implementasi PPK (Penguatan Pendidikan Karakter):PPK berbasis kelas ,PPK berbasis Budaya Sekolah, dan PPK berbasis masyarakat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat Penguatan Pendidikan Karakter berbantuan permainan edukasi yang dikembangkan valid. Hasil validasi perangkat PPK,yaitu silabus 86,53%, buku panduan guru 83,55%, dan buku siswa 82,05%. Data uji coba kepraktisan untuk respon siswa memperoleh nilai sebesar 83,70% dan respon guru mencapai 86,90%. Hal ini berarti produk pengembangan termasuk ke dalam kriteria sangat valid dan sangat praktis serta layak digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 21/44407.pdf
Uncontrolled Keywords: Penguatan Pendidikan Karakter, progam sekolah, permainan edukasi
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 21 Sep 2021 03:45
Last Modified: 21 Sep 2021 03:45
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9455

Actions (login required)

View Item View Item