Setiani, Dewi (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Posing Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv Sdn Sertajaya 05 Cikarang Timur (Penelitian Eksperimen Pada Mata Pelajaran Matematika SDN Sertajaya 05). Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
44405.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan strategi problem posing dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Sertajaya 05 tahun pelajaran 20 18/20 19 yang berjumlah 164 orang, sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dan tes berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan teknik anova dua jalur. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan hasil penelitian sebagai berikut : (1) Terdapat perbedaan basil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan strategi problem posing dan yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional. Hal ini didasarkan dari uji statistik anova dua jalur yang menyatakan bahwa signifikasi untuk kategori strategi problem posing adalah 0,000 yang artinya < dari 0,05. (2) Terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan strategi problem posing dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Hal ini didasarkan dari uji statistik anova dua jalur yang menyatakan bahwa signifikasi untuk kategori strategi problem posing dan motivasi belajar adalah 0,037 yang artinya < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menyatakan bahwa ada pengaruh penggunaan strategi problem posing dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika kelas IV sekolah dasar.
Actions (login required)
View Item |