Sidik, Rismawati (2020) Penerapan Pembelajaran Digital Project terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar statistika Siswa Kelas IX UPTD SMP Negeri 25 Depok. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
44401.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) | Preview |
Abstract
Motivasi belajar merupakan keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan yang memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh siswa dapat tercapai. Tujuan akhir pembelajaran adalah hasil belajar. Berdasarkan hasil pengamatan oleh guru bidang studi matematika kelas IX dijumpai hasil belajar dan motivasi yang masih rendah serta informasi mengenai hasil pencapaian nasional UNBK dalam lima tahun terakhir yang masih sangat rendah sehingga membutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan motivasi yang diajarkan melalui pembelajaran digital project dengan yang diajarkan melalui pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX UPTD SMP Negeri 25 Depok. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IX-4 sebagai kelas eksperimen yang merupakan kelas yang menerapkan pembelajaran digital project dan kelas IX-8 sebagai kelas kontrol yang merupakan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan lembar tes basil belajar siswa dan angket motivasi siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test. Hasil penelitian hasil belajar siswa dengan motivasi tinggi diperoleh thitung sebesar 8,297 dan ttabd sebesar 1 ,68288, maka thitung > ttabel. Hasil penelitian rasil penelitian dengan motivasi rendah diperoleh thitung sebesar 7,576 dan ttabel sebesar 1,69092, maka thitung > ttabel. Hal ini berarti tolak Ho terima H1, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran digital project dengan motivasi tinggi dan motivasi rendah lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran konvenswnal. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala Likert. Hai ini terlihat pada perolehan skor angket. Rata-rata skor angket motivasi belajar siswa pada kelas yang menerapkan pembelajaran digital project sebesar 117,65 sedangkan rata-rata skor angket motivasi belajar siswa pada kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional sebesar 99,59. Sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa pada kelas yang menerapkan pembelajaran digital project lebih tinggi jika dibandingkan dengan tingkat motivasi belajar siswa pada kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 44401.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Result of Study, Motivation of Study, Conventional Lessons,Digital Project Lessons, Statistics, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Pembelajaran Konvensional, Pembelajaran Proyek Digital, Statistika. |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.236 Lower Level Secondary School (Sekolah Menengah Pertama, SMP) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 07:15 |
Last Modified: | 23 Sep 2021 07:15 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9460 |
Actions (login required)
View Item |