Yulianti, Yuli (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Close Reading Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Ujungberung. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
44271.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam memahami bacaan disebabkan karena adanya model membaca yang kurang tepat,dan motivasi belajar yang kurang sehingga mempengaruhi kemampuan literasi membaca siswa khususnya Sekolah Dasar di Kecamatan Ujungberung. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis (1) Perbedaan kemampuan literasi membaca antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran close reading dan model pembelajaran SQ3R pada sekolah dasar di Kecamatan Ujungberung, (2) Perbedaan kemampuan literasi membaca antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan rendah pada sekolah dasar di Kecamatan Ujungberung, (3) Interaksi antara motivasi belajar dan model pembelajaran close reading terhadap kemampuan literasi membaca siswa pada sekolah dasar di Kecamatan Ujungberung (4)Ketuntasan pembelajaran membaca dengan menggunakan model pembelajaran close reading. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Eksperimental. Tempat penelitian adalah di SD Kecamatan Ujungberung. Teknik pengambilan data yang digunakan berupa tes dan non tes sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan literasi membaca pada siswa yang mendapatkan model pembelajaran close reading dan SQ3R pada sekolah dasar di Kecamatan Ujungberung, hal ini didasarkan pada hasil perhitungan besaran nilai Sig. (2 tailed) adalah 0,428. Temyata nilai Sig. (2 tailed) lebih besar dibanding taraf signifikasi (alfa) 0,05. Terdapat perbedaan kemampuan literasi membaca antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan rendah pada sekolah dasar di Kecamatan Ujungberung.,hal ini didasarkan pada hasil perhitungan besaran nilai besaran nilai Sig. (2 tailed) adalah 0,000. Temyata nilai Sig. (2 tailed) lebih kecil dibanding taraf signifikasi (alfa) 0,005. Tidak terdapat interaksi antara motivasi belajar dan model pembelajaran close reading terhadap kemampuan literasi membaca siswa pada sekolah dasar di Kecamatan Ujungberung, hal ini didasarkan pada hasil perhitungan besaran nilai Sig. (2 tailed) adalah 0,554. Temyata nilai Sig. (2 tailed) lebih besar dibanding taraf signifikasi (alfa) 0,005. Terdapat ketuntasan pembelajaran membaca dengan menggunakan model pembelajaran close reading, hal ini didasarkan pada hasil perhitungan nilai rata-rata 84,4 temyata nilai rata-rata lebih besar dibanding dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sebesar 75,0.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 44271.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Close Reading, Motivasi Belajar, Kemampuan Literasi Membaca |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.8 Other StudiesĀ for Elementary Education (Lain-lainĀ untuk Pendidikan Dasar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.9598 Elementary Education in Indonesia (Pendidikan Dasar di Indonesia) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 07:41 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 03:11 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9486 |
Actions (login required)
View Item |