Trisnaningsih, Dwi (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Kemandirian Materi KPK Dan FPB Pada Siswa Kelas IV. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
44264.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) | Preview |
Abstract
Guru memiliki peran yang sangat penting pada keberhasilan siswa,diantaranya guru harus memiliki perangkat pembelajaran yang menunjang. Untuk itu peneliti merumuskan masalah bagaimana pengembangan perangkat pembelajaran model PBL berbasis kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan kemandirian materi KPK dan FPB pada siswa kelas IV SDN Juragan. Tujuan penelitian menghasilkan perangkat pembelajaran KPK dan FPB dengan model Problem Based Learning (PBL) berbasis Kontekstual dengan pendekatan valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg & Gall dengan 6 langkah pelaksanaan strategi penelitian dan pengembangan. Jenis perangkat yang dikembangkan adalah: (1) Silabus; (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP);(3) Lembar Kerja Siswa (LKS); dan (4) Buku Siswa (BS); dan (5) Tes Kemampuan KPK dan FPB (TKBKM). Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Juragan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDN Ujungnegoro 01 sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian ini adalah kemandirian (X) dan berpikir kritis (Y). Perangkat pembelajaran valid ditentukan berdasarkan rata-rata skor validasi ahli dengan kategori baik dan perangkat pembelajaran praktis dilihat dari rata-rata skor kepraktisan yang didapat dari angket respon siswa dan pengamatan pengelolaan pembelajaran oleh guru sedangkan untuk perangkat pembelajaran yang efektif menggunakan, uji banding, uji regresi dan uji gain. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran adalah : (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid menurut validator; (2) perangkat dikatakan praktis karena respon siswa positif dengan skor 93,50% dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran model PBL berbasis kontekstual adalah efektif, ditandai dengan tercapainya; (a) siswa mencapai ketuntasan secara individual (nilai minimal 70) maupun klasikal, (b) hasil tes materi KPK dan FPB pada kelas yang menggunakan perangkat model PBL berbasis kontekstual lebih baik dibandingkan dengan kelas yang menggunakan metode konvensional, (c)adanya pengaruh positif antara kemandirian terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa (d)adanya peningkatan kemampuan TKBKM sebesar 0,62 termasuk kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 44264.pdf |
Uncontrolled Keywords: | PBL,contextual, critical thinking, independence,kontektual, kemandirian, berpikir kritis, KPK dan FPB |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 15 Oct 2021 02:10 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 03:09 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9492 |
Actions (login required)
View Item |