Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa

Rohmatika, Etik (2019) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44268.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis perbandingan hasil tes dan menemukan kordasi dari dua penerapan metode pembelajaran antara model pembelajaran kooperatif tipe make A match dan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar Matematika siswa. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan pendekatan metode penyisip (the embedded Desaign), menggunakan kelas kontrol dan eksperimental. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas IX SMPN 6 Kuningan, tahun pelajaran 2018/2019. Kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan kelompok siswa yang berbeda. Setiap kelompok terdiri dari 27 siswa. Penelitian ini menggunakan dua instrumen yang berbeda, (1) instrumen tes: tes kemampuan berpikir kritis untuk mengukur hasil belajar siswa dan (2) instrumen non tes: kuesioner dan wawancara untuk mengukur motivasi belajar Matematika siswa. Hasil data dari kedua instrumen aktivitas diuji dengan uji-t menggunakan aplikasi SPSS versi 24 untuk windows. Hasil dari uji- t, secara signifikan, menunjukkan perbedaan hasil yang berbeda antara siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a Match dan mctode konvensional. Kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa lebih baik di kelas yang menggunakan model pcmbelajaran kooperatif tipe make a March daripada siswa di kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Kemampuan berpikir kritis siswa yang lebih baik juga memiliki motivasi belajar yang lebih baik. Dapat disimpulkan bahwa ada korelasi positif antara kemampuan berpikir kritis siswa dan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 500639121 - 44268.pdf
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, make a Match. Kemampuan berpikir Kritis, motivasi Belajar.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (Berhitung untuk Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.236 Lower Level Secondary School (Sekolah Menengah Pertama, SMP)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 Oct 2021 03:31
Last Modified: 20 Oct 2021 03:31
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9519

Actions (login required)

View Item View Item