Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Serta Dampaknya Bagi Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Negeri

Halia, Elly (2019) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Serta Dampaknya Bagi Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Negeri. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44235.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru serta dampaknya bagi mutu pendidikan Sekolah Dasar Negeri. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis jalur. Sumber penelitian ini menggunakan data primer. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kecamatan Cicendo Kota Bandung. Sampel penelitian ini sebanyak 92 orang guru yang dijadikan sebagai responden dan dipilih dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan Kepala Sekolah dan iklim sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, begitupun Kepala Sekolah, iklim sekolah dan kinerja guru memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cicendo Kota Bandung. Kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki pengaruh terhadap mutu pendidikan melalui kinerja guru sebesar 12.53%. lklim sekolah memiliki pengaruh terhadap mutu pendidikan melalui kinerja guru sebesar 13.16%. Kinerja guru berpengaruh langsung kepada mutu pendidikan sebesar 10.18%. Maka, berdasarkan hasil tersebut peneliti merekomendasikan agar kepala sekolah memperhatikan sikap kepemimpinannya, iklim sekolah, serta kinerja guru sehingga mutu pendidikan sekolah semakin berkualitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 500820845 – 44235.pdf
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, Kinerja Guru, Mutu Pendidikan
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150-159 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.4 Leadership (Kepemimpinan yang Berkaitan dengan Psikologi)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2012 Principals (Kepala Sekolah)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 Oct 2021 07:08
Last Modified: 08 Nov 2021 03:59
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9527

Actions (login required)

View Item View Item