Sumanti, Lusi (2019) Pengaruh Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
44231.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Menganalisis peran kepala sekolah sebagai manajer sekolah, kinerja guru dan hasil belajar siswa SD di Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. (2) Menganalisis pengaruh antara peran kepala sekolah sebagai manajer sekolah dengan hasil belajar siswa SD di Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. (3) Menganalisis pengaruh antara kinerja guru dengan hasil belajar siswa. (4)Menganalisis peran kepala sekolah sebagai manajer sekolah dan kinerja guru berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SD di Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar Negeri se- Kecamatan Dayeuhkolot yang berjumlah 200 guru. Penentuan anggota sampel dari populasi diambil seluruh kelompok strata dari golongan IV/a. Besar sampel penelitian ini adalah 50 orang yang diambil secara proporsional. Pemilihan subjek sebanyak 50 orang dilakukan dengan cara acak pada masing-masing kelompok populasi yang sudah ditetapkan. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified proporsional random sampling. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik. regresi dan korelasi. Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa peran kepala sekolah sebagai manajer sekolah menurut responden penelitian termasuk pada kategori baik. kinerja guru menurut responden penelitian termasuk pada kategori sangat baik hasil belajar siswa menurut responden penelitian termasuk pada kategori cukup baik. Hasil uji korelasi memperlihatkan bahwa terdapat hubungan secara signifikan antara peran kepala sekolah sebagai manajer sekolah dan hasil belajar dengan kategori kuat. terdapat hubungan secara signifikan antara kinerja guru dan hasil belajar dengan kategori kuat. Terdapat hubungan secara signifikan antara peran kepala sekolah sebagai manjer sekolah dan kinerja guru secara bersama-sama dengan hasil belajar dengan kategori kuat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 500639343 - 44231.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Managers, Teacher Performance, Learning Outcomes., Manajer, Kinerja Guru, Hasil belajar. |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2012 Principals (Kepala Sekolah) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 07:09 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 07:09 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9607 |
Actions (login required)
View Item |