Pengembangan Model Pembelajaran Multikeaksaraan berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Kemampuan Keberaksaraan Dengan Ragam Kemahiran Lokal

Suminar, Uum and Hisyam, Mohamad and Sabighoot, Yus Alvar (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Multikeaksaraan berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Kemampuan Keberaksaraan Dengan Ragam Kemahiran Lokal. JUDIKA (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 9 (2). pp. 245-260. ISSN 2338-2996

[img]
Preview
Text
B0001-22.pdf

Download (348kB) | Preview
Official URL: http://journal.unsika.ac.id/index.php/judika

Abstract

Pengembangan model ini dilator belakangi oleh adanya kesenjangan antara tujuan ideal pendidikan multikeasaraan dengan kondisi empiris di tingkat satuan PNF yang masih cenderung konvensional. Pendekatan penelitian secara kuantitatif melalui prosedur penelitian dan pengembangan dengan metode quasi experiment dan teknik rancangan one group pretest-posttest only design. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses pengembangan model dilakukan melalui tujuh tahapan yaitu studi pendahuluan, penyusunan konseptual model, ujicoba konseptual, ujicoba operasional, validasi model, pembakuan model, dan sosialisasi model hasil pembakuan. Hasil penelitian diperoleh tingkat kemenarikan naskah model dan panduan model sebesar 63,3% sangat menarik, keterlaksanaan model 81,7% sangat baik, dan efektivitas model diperoleh hasil dari pretest tidak signifikan perbedaannya antara kelompok kontrol dengan eksperimen dari tiga lokasi yaitu PKBM Hati Nurani (4%), PKBM Bina Remaja (2%) dan PKBM Mandiri (2%). Sedangkan hasil postest antara kelompok kontrol dan perlakuan diperoleh hasil yang signifikan dengan t-hitung di PKBM Hati Nurani (3,08), PKBM Bina Remaja (3,77) dan PKBM Mandiri (3,85). Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran pendidikan multikeaksaraan berbasis proyek efektif untuk meningkatkan kemampuan keberaksaraan dengan ragam kemahiran lokal

Item Type: Article
Additional Information (ID): B0001-22.pdf
Uncontrolled Keywords: Multiliteracy Education, Literacy Skills, Local Expertise, Pendidikan Multikeaksaraan, Kemampuan Keberaksaraan, Kemahiran lokal
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.102 Teaching (Pendidikan, Pengajaran)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:29
Last Modified: 12 Jan 2022 03:29
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9633

Actions (login required)

View Item View Item