Pengembangan Media Pembelajaran Video Dengan Model CTL Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas 1 SDN Kertonegoro O1 Jenggawah

Anggraeni, Pramita Dian (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Video Dengan Model CTL Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas 1 SDN Kertonegoro O1 Jenggawah. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44387.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang memiliki 10 langkah pengembangannya. Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya minat baca siswa kelas 1 SD Kertonegoro 01 . Media pembelajaran dibuat dengan bantuan softwere editor animasi sehingga dihasilkan produk akhir berupa video pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket. Hasil observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan angket dan tes dianalisis secara kuantitatif. Desain pengembangan (R&D) dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas 1 SDN Kertonegoro 01 dengan jumlah 27 siswa, L= 11 dan P = 16 : Dari hasil uji validator media pembelajaran menunjukan bahwa menggunaan media video siswa lebih benninat membaca, dikembangkan lebih besar besar yaitu 73 ( kateria 71-80 dengan kategori produk layak). Dari perolehan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa media yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan minat baca siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 500923735 - 44302.pdf
Uncontrolled Keywords: development, learning media , videos, reading interest , pengembangan, media pembelajaran, video, minat baca
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:47
Last Modified: 12 Jan 2022 04:47
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9635

Actions (login required)

View Item View Item