Samawati, (2019) Pengembangan Bahan Ajar Multimedia lnteraktif Materi Organ Peredaran Darah Manusia Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
44304.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Siswa sekolah dasar masih berpikir secara operasional konkret, belum berpikir seperti orang dewasa. Mereka mengalami kesulitan dengan pemikiran abstrak. Bahan ajar multimedia interaktif dapat memberi pengalaman baru dan menyenangkan baik bagi guru maupun siswa, dapat meningkatkan ketertarikan belajar siswa karena pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif, serta dapat membantu membentuk mental yang mempennudah memahami suatu konsep dan materi yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar multimedia interaktif yang valid, praktis, menarik dan efektif, (2) Menghasilkan bahan ajar multimedia interaktif yang valid, praktis, menarik dan efektif untuk siswa kelas V SDN Sidokare II Rejoso Kabupaten Nganjuk. Metode yang digunakan untuk penelitian dan pengembangan ini adalah Model Pengembangan Borg & Gall yang telah dimodifikasi. Subyek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Sidokare II Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 27 siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu instrumen tes dan non tes. Penelitian dan pengembangan adalah sebuah model penelitian yang menghasilkan sebuah produk. Bahan ajar multimedia interaktif Materi Organ Peredaran Darah Manusia Kelas V Sekolah Dasar merniliki tingkat kevalidan media mencapai 73%. Tingkat kepraktisan menurut guru (P1) dan siswa (P2) masing-masing mencapai persentase 95% dan 95,76%. Tingkat kemenarikan bahan ajar multimedia interaktif mencapai 90,76%. Tingkat keefektifan bahan ajar multimedia interaktif mencapai 82%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 500649186 - 44304.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Teaching materials, Multimedia, Interactive, Human blood circulation organ, Bahan ajar, Multimedia, lnteraktif, Organ peredaran darah manusia |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.8 Other StudiesĀ for Elementary Education (Lain-lainĀ untuk Pendidikan Dasar) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 03:27 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 07:37 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9694 |
Actions (login required)
View Item |