Dewi, Amalia Rahisa (2020) Students’ Perception Towards Computer-Based Testing-Edubox-And Its Impact To Their English Learning Motivation At SMP Negeri 45 Bandung. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
cover dafis.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (675kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (853kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
dafpus.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
lampiran.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji hubungan antara persepsi siswa tentang penggunaan Edubox sebagai alat penilaian dengan motivasi belajar bahasa Inggris mereka. Metode campuran dilakukan untuk mendapatkan temuan yang lebih bermakna. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes bahasa Inggris menggunakan Edubox, observasi, kuesioner, dan diskusi kelompok terfokus (FGD) sebagai data primer. Statistik inferensial: uji-T dan uji korelasi Pearson digunakan untuk menganalisis data kuantitatif. Sementara itu, hasil FGD dianalisis menggunakan metode analisis domain Spreadly. 253 siswa yang terdiri dari 96 siswa kelas 7, 89 siswa kelas 8 dan 68 siswa kelas 9 dari 843 total populasi di satu tingkat pendidikan menengah pertama di Bandung dipilih sebagai sam pel penelitian menggunakan teknik stratified sampling dan teknik purposive sampling. 253 siswa mengikuti tes bahasa Inggris menggunakan Edubox pada penilaian tengah semester {PTS) satu, dan mereka juga yang diberi kuesioner. Pengamatan dilakukan secara bersamaan oleh tiga guru dengan bantuan perekam video dari ponsel pintar selama pelaksanaan tes bahasa lnggris. 30 siswa dipilih untuk mengikuti sesi forum diskusi kelompok (focused group discussion). Sebagai data sekunder, skor tes bahasa Inggris berbasis kertas sebelumnya dibandingkan dengan skor yang diperoleh siswa setelah mengikuti tes bahasa Inggris menggunakan Edubox (hasil tes bahasa lnggris). Studi ini menemukan bahwa sebagian besar peserta memiliki persepsi negatif terhadap implementasi Edubox sebagai sarana untuk mengevaluasi kinerja mereka dalam bahasa lnggris; hal ini disebabkan karena masalah teknis yang mereka temui sebelum dan selama tes. Ini ditunjukan dari hasil uji korelasional di mana r-value = 0,550 dan t-test p-value = 0,000. Pada akhimya, direkomendasikan untuk melakukan studi pendahuluan sebelum menerapkan Edubox di lingkungan pendidikan dan untuk melakukan upaya ekstra dalam meminimalkan faktor teknis yang telah mempengaruhi persepsi siswa terhadap Edubox secara negatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 44419.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Edubox, Persepsi Siswa, Motivasi Belajar Bahasa lnggris, Hasil Belajar, Students Perception, English Learning Motivation, Learning Performance |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 400 Language > 420-429 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English (Bahasa Inggris) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 03:15 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 04:54 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9702 |
Actions (login required)
View Item |