Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)Pada Hasil Belajar ( Studi Eksperimen Untuk Kompetensi Keliling Dan Luas Jajar Genjang Kelas Iv Sekolah Dasar)

LATIFAH, UMI and Supriyono, and Santoso, Agus (2019) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)Pada Hasil Belajar ( Studi Eksperimen Untuk Kompetensi Keliling Dan Luas Jajar Genjang Kelas Iv Sekolah Dasar). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44308.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji perbedaan kompetensi siswa dalam mengukur keliling dan luas jajargenjang antara yang dibelajarkan dengan tipe STAD dengan yang dibelajarkan secara konvensional (ceramah, tanya jawab dan penugasan). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumobito 1 sebagai kelas kontrol, dan SDN Bakalan sebagai kelas Eksperimen. Kedua-duanya merupakan sekolah diKecamatan Sumobito Kabupaten Jombang. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2017-2018 yang berjumlah 25 orang pada kelas eksperimen dan 20 orang pada kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode delphi untuk pengembangannya dan eksperimen untuk penerapannya. Delphi digunakan untuk uji ahli. Para ahli diberi wewenang memberikan pendapat dan masukan tentang buku pembelajaran kooperatiftipe STAD. Sehingga pada akhimya buku panduan tersebut bisa dikatakan layak digunakan sebagai pedoman pada pembelajaran di kelas eksperimen. Adapun tehnik analisa datanya adalah dengan diadakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, uji Keseimbangan, dan uji Double mean. Pembelajaran kooperatif tipe ST AD pada studi eksperimen kompetensi keliling dan luas jajargenjang akhirnya diperoleh hasil berupa nilai anak yang dapat dibandingkan perbedaannya dengan pembelajaran yang secara konvensional pada materi keliling dan luas jajar genjang kelas IV Sekolah Dasar. Dari asumsi­ asumsi pada uji statistik yang telah dilaksanakan, diperoleh hasil bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil tersebut menunju.kkan bahwa pembelajaran di kelas Eksperimen lebih baik dibanding dengan kelas kontrol. Dapat ditarik kesimpulan, bahwa pembelajaran menggunakan tipe ST AD pada kompetensi luas dan keliling jajargenjang kelas IV Sekolah Dasar dapat meningkat.kan basil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44308.pdf
Uncontrolled Keywords: STAD, learning outcome, Elementary School ,Hasil Belajar, Sekolah Dasar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 22 Apr 2022 02:41
Last Modified: 22 Apr 2022 02:42
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9705

Actions (login required)

View Item View Item